Rabu, 7 Desember 2022

Smartwatch Berpotensi Mendeteksi dan Melacak Virus Corona, Begini Ceritanya

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Garmin, produsen wearable device  menggandeng para ilmuwan dari berbagai universitas dan institusi dunia, meneliti potensi smartwatch sebagai perangkat yang dapat membantu deteksi dini virus corona. Melalui kerjasama ini, ilmuwan mengkaji potensi smartwatch Garmin sebagai perangkat yang dapat memantau masyarakat, mengidentifikasi, melacak, dan memantau keberadaan Covid-19. 

Dalam rilis, Senin (18/5), penelitian tersebut berangkat dari dua premis yang sederhana. Pertama, peningkatan detak jantung sebagai tanda awal dari common cold  atau selesma), flu atau corona. Kedua, smartwatch Garmin memiliki fitur pemantau detak jantung berbasis pergelangan tangan.

Dengan menggabungkan dua hal tersebut, membantu masyarakat mendeteksi dini atas indikasi awal infeksi virus. Garmin berpartisipasi dalam studi internasional untuk menjawab secara ilmiah soal kemungkinan smartwatch menjadi alat deteksi dini virus corona. 

Seperti, apakah perangkat wearable mendeteksi suatu penyakit? Studi Duke University, yang disebut Covidentify, bertujuan memperlambat penyebaran Covid-19. Penelitian ini berguna untuk mempelajari cara melacak penyebaran Covid-19, mendapati saat seseorang mungkin rentan tertular, dan yang mempunyai resiko tertinggi saat terinfeksi.

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER