Rabu, 7 Desember 2022

Keren, Robot Buatan Anak Bangsa Ini Bisa Meminimalisir Penularan Virus Corona, Begini Cara Kerjanya

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Menghadapi wabah corona harus dengan beragam cara. Telkom University dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menciptakan inovasi robot Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR).

Robot ini menggunakan sinar ultraviolet tipe C (UVC) untuk disinfeksi dan sterilisasi di ruangan isolasi. Robot AUMR untuk meminimalisasi risiko penularan virus pada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menangani pasien COVID-19.

Sistem kerja robot AUMR dengan memaparkan sinar ultraviolet yang terdapat pada robot. Lalu bergerak berkeliling ke sekitar ruangan isolasi. Sinar ultraviolet tersebut dapat memecah virus COVID-19.

Robot yang dapat beroperasi 5 jam ini dikendalikan menggunakan remote control atau autonomous control mode. Robot AUMR juga dilengkapi sensor ultrasonic untuk menghindari terjadinya tabrakan antara robot dengan benda di sekitarnya.

Direktur Human Capital Management PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Edi Witjara mengatakan, Telkom mewadahi dan mendukung penuh inovasi anak bangsa dalam pemanfaatan teknologi demi menghasilkan suatu karya yang berdaya guna bagi masyarakat. Di tengah pandemi, inovasi robot AUMR merupakan suatu yang positif membantu tenaga medis untuk melakukan disinfeksi dan sterilisasi tanpa campur tangan manusia. “Diharapkan tenaga medis dapat terlindungi dan mengurangi resiko penularan virus,” ungkap Edi, yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Telkom, Jumat (29/5).

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER