Minggu, 19 Mei 2024
FINTECHNESIA.COM |

Mandiri Syariah Pertahankan Kinerja Positif di Masa Pandemi

BACA JUGA




Sejak 2017 lalu, pertumbuhan total aset perbankan syariah selalu di atas rata-rata kenaikan nilai aset perbankan konvensional dan nasional. Per Juni 2020 nilai aset perbankan syariah tumbuh 9,88% yoy. Pada saat yang sama, pertumbuhan aset perbankan konvensional dan nasional berturut-turut 5,37% dan 5,63% yoy.

Tren yang sama juga terjadi dari sisi pembiayaan dan pendanaan. Pertumbuhan dua indikator ini pada industri perbankan syariah selalu melampaui angka perbankan konvensional.

Namun sejumlah tantangan harus dijawab pelaku industri perbankan syariah. Salah satunya, perbankan syariah harus menggencarkan upaya meningkatkan tingkat inklusi dan literasi keuangan syariah masyarakat.

Toni yang juga Ketua Perkumpulan Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) berkata, layanan perbankan syariah jelas berbeda dengan bank konvensional. Selain itu, bisnis perbankan syariah sejalan prinsip keuangan berkelanjutan yang mengutamakan pengembangan manusia, alam, serta keuntungan (people, planet, profit).

Perbedaan lain, setiap laba bersih bank syariah sudah dipotong zakat 2,5%. Hal ini menunjukkan keseimbangan bank syariah menggapai keuntungan, serta membawa manfaat bagi masyarakat. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER