Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Alibaba Cloud Memberikan Dukungan Infrastruktur Digital ke Kartu Prakerja

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Alibaba Cloud berupaya mendukung pelatihan talenta digital di Indonesia. Yakni memberikan dukungan infrastruktur digital untuk kartu prakerja.

Satu tahun sejak diluncurkannya Kartu Prakerja, sudah ada lebih dari 7,9 juta orang di 34 provinsi yang telah menerima dana pelatihan dan insentif tunai. Dana untuk peningkatan kecakapan dan pelatihan digital di 1.700 bidang pekerjaan.

Permasalahan utama di pasar tenaga kerja di Indonesia adalah kesenjangan kecakapan pencari kerja dengan kecakapan yang dibutuhkan oleh industri. Program Kartu Prakerja membangun ekosistem yang sepenuhnya digital agar setiap orang bisa mendapatkan akses pelatihan untuk menambah keterampilan mereka, atau memperkuat kemampuan yang sudah mereka miliki sebelumnya. “Dengan demikian, angkatan kerja yang berada di daerah terpencil pun dapat mendapatkan pelatihan yang sama dengan penduduk di kota besar,” papar Denni Puspa Purbasari, Direktur Eksekutif Manajeman Pelaksana Kartu Prakerja, Rabu (24/3).

“Melalui solusi cloud dan teknologi digital yang kuat, jutaan orang Indonesia dapat mengakses situs program Prakerja dengan lancar selama setahun terakhir,” kata Leon Chen, General Manager Alibaba Cloud Indonesia

Dengan memanfaatkan teknologi cloud-native Alibaba Cloud, seperti AnalyticDB, Data Lake Analytics (DLA) dan Alibaba Cloud Container for Kubernetes, serta kemampuan autoscaling, sistem keamanan dan jaringan yang tangguh, perusahaan penyedia layanan cloud computing elah mendukung program kartu prakerja di Indonesia sejak tahun 2020. Menggandeng 165 lembaga pelatihan, 5 mitra pembayaran, 7 platform digital, 4 institusi pendidikan, dan 3 portal pekerjaan, diharapkan partisipasi masyarakat terhadap program Kartu Prakerja dapat terus meningkat di tahun 2021. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER