Jumat, 9 Desember 2022

Investree Kembali Jadi Mitra Distribusi SBN, Kali Ini SBR010

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Melanjutkan kerja sama antara Investree dengan Kementerian Keuangan, bulan ini Investree sebagai fintech lending sekaligus Mitra Distribusi (Midis) Penjualan Surat Berharga Negara (SBN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) kembali memasarkan Savings Bond Ritel seri SBR010. Penjualan mulai 21 Juni hingga 15 Juli 2021.

Sebagai obligasi negara yang dijual kepada individu WNI, SBR010 dapat menjadi alternatif investasi. Sperti penerbitan SBR seri-seri sebelumnya, hasil penjualan SBR010 akan dialokasikan untuk pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kali ini termasuk untuk membiayai proyek pemulihan dampak pandemi di Indonesia. Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi, mengungkapkan, melalui penawaran SBR010 di platform Investree, mampu mendukung upaya pemerintah memulihkan negeri. Serta membangkitkan perekonomian melalui pembentukan habit investasi masyarakat yang aktif dan konsisten.

Pembeliannya mudah dan bebas kontak secara online melalui situs web dan aplikasi mobile Investree for Lender. “Diharapkan dapat membantu masyarakat berinvestasi pada instrumen yang aman dijamin pemerintah ini dengan lebih mudah dan cepat,” kata Adrian, Senin (21/6).

Dengan tingkat kupon minimal mengambang (floating with floor) sebesar 5,1% p.a., SBR010 memiliki tenor dua tahun. Nominal minimal pemesanan yang terjangkau yaitu Rp 1 juta.

Fasilitas lain dijamin pemerintah, pemesanan mudah dan 100% online. Berlaku pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption) maksimal 50% dari minimal pemesanan Rp 2 juta tanpa biaya pelunasan setelah 12 bulan kepemilikan. Dan pembayaran bisa dilakukan melalui Bukalapak dan Tokopedia.

Kupon akan dibayar setiap tanggal 10 di setiap bulan. Dengan tingkat kupon yang disesuaikan setiap tiga bulan pada tanggal penyesuaian kupon (tanggal kupon pertama 10 September 2021, long coupon). Ini berdasarkan pada suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 3,50%. Ditambah spread sebesar 160 bps (1,6%) sampai jatuh tempo. Struktur produk dari SBR010 adalah sebagai berikut: 

  • Masa penawaran: 21 Juni – 15 Juli 2021 
  • Tingkat kupon minimal: 5,10% p.a. 
  • Jenis kupon: mengambang (disesuaikan setiap 3 bulan) dengan tingkat kupon minimal (floating with floor
  • Tenor: 2 (dua) tahun 
  • Jatuh tempo: 10 Juli 2023 
  • Nilai nominal per unit: Rp 1 juta 
  • Bentuk dan jenis: tanpa warkat, tidak dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder dan tidak dapat dicairkan sampai dengan jatuh tempo, kecuali pada periode early redemption
  • Periode early redemption: 27 Juli 2022 pukul 09.00 WIB sampai 4 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB

Sampai saat ini, investor SBN/SBSN di Investree sendiri masih didominasi oleh investor berusia 19-34 tahun. Dengan porsi sebesar 63% dari total investor SBN/SBSN di Investree.

Sebagai nilai tambah bagi investor, Investree kembali menghadirkan promo cashback hingga Rp 1,5 juta. Ini berdasarkan total pemesanan SBR010 melalui aplikasi mobile Investree for Lender. (mrz)

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER