Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

CIMB Thai dan CIMB Niaga Menyediakan Layanan Pembayaran QR Lintas Negara

BACA JUGA




FinTechnesia.com | CIMB Thai Bank Public Company Limited  dan Bank CIMB Niaga menjalin kerja sama penyelenggaraan layanan pembayaran berbasis QR Code antara Thailand dan Indonesia. Ini menyusul kolaborasi Bank of Thailand dengan Bank Indonesia (BI).

Mulai September 2021, CIMB Thai akan menjadi salah satu dari tiga bank pertama di Thailand yang terpilih menjadi settlement bank untuk pembayaran berbasis QR lintas-negara antara kedua negara tersebut.

Nasabah CIMB Thai yang melakukan perjalanan ke Indonesia dapat memanfaatkan aplikasi mobile CIMB Thai Digital Banking untuk pembayaran QR di merchant Indonesia. Hal yang sama juga berlaku untuk nasabah CIMB Niaga yang bepergian ke Thailand. Dapat memakai fitur pembayaran QR pada aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk membayar transaksi di negara tersebut.

Di Indonesia, pembayaran dengan QR Code melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk bertransaksi barang dan jasa. Adapun di Thailand, pembayaran dengan QR Code melalui Thai QR Codes.

Baca juga: BI Luncurkan Interkoneksi QR dengan Thailand, Gunakan Mata Uang Masing-Masing

Pembayaran berbasis QR Code lebih aman. Nasabah tidak perlu lagi membawa uang dalam jumlah banyak. Nasabah dapat berhemat karena tidak ada lagi biaya dan komisi seperti biaya kurs. Mengingat pembayaran menggunakan mata uang masing-masing.

Presiden dan CEO CIMB Thai, Paul Wong Chee Kin mengatakan, pembayaran lintas-negara dengan QR Code Thailand dan Indonesia merupakan koridor kedua di ASEAN. “Nasabah di ASEAN dapat terhubung lebih erat dengan bantuan pembayaran  real time,” kata Paul, Ahad (22/8).

Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M. Siahaan mengatakan, dengan semakin luasnya cakupan pembayaran berbasis QR Code di ASEAN, menunjukkan integrasi finansial di Asia Tenggara semakin maju berkat inovasi berbasis digital. “Sehingga nasabah di wilayah tersebut dapat kami layani dengan semakin baik,” kata Tigor.

Pada Juni 2021, CIMB Thai juga mengumumkan keikutsertaan menyediakan jaringan layanan pembayaran QR lintas-negara antara Thailand dan Malaysia. Ini sebagai bagian dari kolaborasi Bank of Thailand dan Bank Negara Malaysia. Hal ini diharapkan dapat terus memudahkan pembayaran digital pada koridor Thailand-Malaysia. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER