Sabtu, 27 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dalam Sepuluh Tahun, Data Trafik Seluler Meningkat Hampir 300 Kali Lipat

BACA JUGA




Laporan tersebut menunjukkan siklus hidup teknologi perangkat 5G yang jauh lebih awal. Dengan handset 5G saat ini menyumbang 23% dari volume global dibandingkan 8% handset 4G pada titiklifecycle yang sama.

Hal ini membantu mendorong pertumbuhan eksponensial data trafik seluler. Data trafik jaringan seluler meningkat 42% year on year (yoy) pada kuartal III 2021, dengan capaian sekitar 78EB. Termasuk trafik layanan Fixed Wireless Access (FWA). 

Pada kuartal III, terdapat lebih banyak data trafik seluler dihasilkan dibandingkan keseluruhan data trafik seluler yang dihasilkan hingga akhir 2016. Perkiraan baru mengungkapkan bahwa total data traffic jaringan seluler kemungkinan akan mencapai 370EB pada akhir 2027.

Koneksi FWA diperkirakan akan tumbuh hampir tiga kali lipat, dari 88 juta pada akhir 2021 menjadi sekitar 230 juta pada 2027. Hampir setengah dari koneksi ini diperkirakan akan disalurkan melalui jaringan 5G.

Jumlah langganan seluler di Asia Tenggara dan Oseania telah melebihi 1,1 miliar. Indonesia berada di urutan kedua secara global berdasarkan net additions selama kuartal III 2021. 

Indonesia mencatat net additionssebesar 23 juta selama kuartal tersebut. Langganan 5G di wilayah tersebut diperkirakan akan mencapai hampir 15 juta pada akhir tahun 2021. Dan tumbuh positif selama beberapa tahun ke depan, dengan perkiraan total sekitar 560 juta pada tahun 2027. 

Head of Network Solutions Ericsson Indonesia, Ronni Nurmal mengatakan, pada fase awal pengenalan di Indonesia, 5G memungkinkan penyedia layanan untuk memberikan pengalaman broadband seluler yang lebih baik kepada konsumen. Dan meningkatkan kapasitas jaringan untuk mengelola data traffic yang terus meningkat. 

“Seiring berjalannya waktu, kami berharap akan munculnya 5G use cases baru yang inovatif pada bidang 5G untuk bisnis dan IoT use cases,” kata Ronni. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER