Senin, 29 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Perencanaan Keuangan, Ini Tips Cashflow Management dan Pondasi Finansial

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Perencanaan keuangan yang baik perlu diterapkan sejak dini. Agar dapat terbiasa mengendalikan keuangan serta mampu menyiapkan proteksi untuk masa depan.

Antony Japari, Kepala Departemen Literasi & Inklusi Asuransi AAJI berbagi tips cash flow management yang terbagi menjadi empat bagian.

Pertama, 40% pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari. Termasuk untuk kebutuhan makanan, pakaian, transportasi, pulsa, listrik, air dan lainnya. Kemudian 30% untuk kebutuhan cicilan yang bersifat produktif. Ssperti cicilan rumah dan kendaraan.

Lalu 20% untuk kebutuhan masa depan yang dibagi menjadi dana darurat, asuransi dan investasi. “Dam 10% terakhir tentunya tidak lupa dialokasikan untuk donasi dan membantu anggota keluarga lain yang membutuhkan,” ujarnya, pekan lalu.

Ketua Literasi Pelajar dan Mahasiswa AAJI, Cicilia Nina juga menambahkan, generasi milenial perlu memperhatikan pondasi finansial yang kuat. Pondasi ini terbagi menjadi lima bagian.

Yakni menjaga cash flow dengan memeriksa keuangan yang telah dikeluarkan atau disebut dengan financial checkup. Lalu menciptakan cash flow positif, dan memiliki tabungan untuk kebutuhan tidak terduga.

Kedua, generasi milenial perlu memiliki kesiapan menghadapi risiko dimasa depan, terutama risiko kesehatan. Hal ini dapat disiapkan dengan memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Pondasi ketiga, generasi milenial harus disiplin dalam pengeluaran keuangan dengan sebisa mungkin mengurangi porsi hutang. “Dua pondasi terakhir adalah menyiapkan dana darurat serta memiliki perencanaan keuangan jangka panjang dengan investasi,” ungkap Cicilia.

Banyak generasi milenial yang bingung, mendahulukan asuransi atau investasi untuk masa depan. Hal ini tentu kembali pada kemampuan dana.

Tetapi jika memang terbatas maka asuransi adalah produk yang dapat diprioritaskan sebagai proteksi. Hal ini karena peran keduanya berbeda.

Bianto Surodjo, Direktur Bisnis Allianz Life Indonesia, unitlink adalah suatu produk yang bisa memberikan empowerment finansial.

Pproduk asuransi jiwa ini menggabungkan proteksi dengan nilai cash produk yang terhubung dengan aset investasi seperti pasar uang, obligasi, saham dan lainnya untuk tujuan perlindungan jangka panjang,” terang Bianto. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER