Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bank Mandiri Memacu Penyaluran KUR di Semester II 2022

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, Bank Mandiri semakin aktif mendorong penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Khususnya di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Hal ini selaras dengan komitmen pemerintah yang kembali meningkatkan dana alokasi KUR. Serta melanjutkan tambahan subsidi bunga 3% hingga bulan Desember 2022. 
 
SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri, Josephus K. Triprakoso mengatakan, kebijakan tersebut mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan di Indonesia.

DI tahun ini Bank Mandiri mendapatkan plafon KUR sebesar Rp 40 triliun, meningkat dibandingkan plafon tahun 2021 sebesar Rp 35 triliun. 
 
“Sejalan dengan aspirasi pemerintah dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), hal ini juga menjadi komitmen Bank Mandiri dalam program pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya, pekan lalu
 
Dalam penyaluran KUR tahun ini Bank Mandiri akan tetap fokus menyasar sektor produktif unggulan di masing-masing wilayah guna menangkap momentum pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

Hasilnya, sampai akhir Juli 2022 atau year to date (Utd) Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp 24,2 triliun. Dana mengalir kepada lebih dari 227.000 debitur ydi seluruh Indonesia.
 
Realisasi tersebut meningkat sebesar 7,53% dibandingkan Juli 2021 sebesar Rp 22,51 triliun. Dan mencapai 60,51% dari target KUR Bank Mandiri di tahun 2022. 
 
Mayoritas penyaluran KUR tersebut atau sebanyak 59,5% ke sektor produksi atau sebesar Rp 14,4 triliun. Sedangkan untuk sektor non produksi, lanjut Josephus, telah mencapai Rp 9,8 triliun. 
 
Secara sektor usaha, realisasi penyaluran KUR tersebut terserap antara lain ke sektor pertanian sebesar 29,15%, sektor jasa produksi 20,04%, sektor industri pengolahan 8,29%, dan sektor perikanan 1,99%
 
Josephus menjelaskan, penyaluran KUR turut menjadi mesin penggerak pertumbuhan kredit UMKM Bank Mandiri, tercermin dari pertumbuhan kedit UMKM di semester I 2022 sebesar 12,57%.

Melihat tren yang terus membaik, pihaknya optimistis, penyaluran kredit UMKM memiliki prospek pertumbuhan hingga akhir tahun dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian. (kai)
 


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER