Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Amartha Foundation Berikan Beasiswa Gelombang II untuk 150 Siswi

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Amartha Foundation (Yayasan Tanggung Renteng Sejahtera) atau Amartha.org, bagian dari inisiatif Amartha menjalankan prinsip keberlanjutan, tahun ini kembali membuka pendaftaran Beasiswa Amartha Cendekia gelombang dua. Beasiswa ini menyiapkan kuota yang lebih banyak yaitu 150 siswi Sekolah Menengah Atas.

Amartha Foundation turut menggandeng Indonesia Mengajar. Ini adalah lembaga yang berfokus di bidang pendidikan, untuk meningkatkan kualitas seleksi dan pendampingan para penerima beasiswa.

Program Beasiswa Amartha Cendekia merupakan inisiatif dari Amartha.org yang diluncurkan pada April 2022. Program ini memberikan dana pendidikan dan pendampingan persiapan kelulusan kepada pelajar perempuan kelas XII SMA/SMK sederajat, baik dari anak mitra Amartha maupun pelajar umum.

Program berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 mengenai angka partisipasi kasar perguruan tinggi. Sebanyak 68,81% lulusan sekolah menengah di Indonesia tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Aria Widyanto, Chief Risk & Sustainability Officer Amartha mengungkapkan, “setiap individu berhak memiliki peluang untuk lebih sejahtera dan menjadi versi terbaik dari diri mereka Hal ini sangat dipengaruhi salah satunya oleh kualitas pendidikan.

Sayang, bagi mereka yang berada di lapisan piramida terbawah, dukungan untuk menempuh pendidikan masih sulit untuk didapatkan.

Baca juga: Amartha Sabet Dua Penghargaan di Ajang Women’s Empowerment Principles Awards 2022

“Amartha memberikan akses berupa bantuan pendidikan dan pendampingan belajar sebagai kontribusi dalam menghadirkan kesetaraan di bidang pendidikan. Agar generasi muda, khususnya anak perempuan di pelosok desa, juga dapat berkesempatan mewujudkan kesejahteraan bagi keluarganya di masa mendatang,” terang Aria, Rabu (15/3).

Program beasiswa Amartha Cendekia gelombang pertama telah berlangsung di tahun 2022 dan sukses membuahkan kemajuan. Sebanyak 96,5% pelajar penerima beasiswa memiliki keinginan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Dari gelombang pertama ini, Amartha menyadari peluang meningkatkan kualitas pendampingan belajar. Seperti menghadirkan kakak asuh yang berkualitas, menyediakan kelas sampai persiapan kuliah dan mencari beasiswa di universitas.

Pada gelombang kedua ini, Amartha berkolaborasi dengan Indonesia Mengajar sebagai community partner. Indonesia mengajar bertugas membantu Amartha dalam menyempurnakan proses yang terdahulu. Seperti partisipasi dalam seleksi penerimaan siswa, pembuatan autoscoring, manajemen kelas, serta kelas inspirasi. 

Alief Wicaksono, Partnership Manager Indonesia Mengajar menjelaskan, Indonesia Mengajar percaya bahwa pendidikan adalah urusan kita bersama.

:=Kami sangat mendukung serta terlibat aktif dalam program Beasiswa Amartha Cendekia dalam memberikan dukungan pendidikan yang berkualitas kepada anak perempuan di pedesaan Indonesia,” terang Alief.

Beasiswa Amartha Cendekia ini menargetkan sebanyak 1.730 kuota penerima. Dengan dana lebih dari Rp 8 miliar dalam kurun waktu lima tahun. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER