Sabtu, 13 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bitcoin Menunggu Hasil FOMC, Pertimbangkan Strategi Buy The Dip

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Setelah melesat di bulan Maret, Bitcoin (BTC) berhasil kembali menutup bulan April dengan positif. Penutupan positif itu di tengah krisis perbankan dan ketidakpastian makroekonomi.

Data Coinglass menunjukkan BTC naik sebesar 2,81% di bulan April. Selain itu, Ethereum (ETH) juga ditutup naik sekitar 4%. Pen didorong oleh peningkatan Ethereum Shanghai yang direspon positif.

Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha menjelaskan, harga BTC di bulan April beberapa kali telah gagal menembus area resistance yang berada di US$31.000. Adanya aksi profit taking setelah BTC tembus level tertinggi sejak Juni 2022 membuat pergerakan BTC di minggu pertama Mei berpotensi terbatas.

BTC bergerak melemah 1,69% di kisaran US$28.065 dan ETH turun tipis 0.56% di kisaran US$1.835 pada Selasa (2/5) pagi pukul 08.00 WIB.

Investor masih menanti potensi kenaikan suku bunga The Fed dalam pertemuan FOMC yang akan berlangsung pada 2-3 Mei 2023. Investor juga menunggu serangkaian data makro seperti data tingkat pengangguran Amerika Serikat (AS) dan non farm payroll (NFP) yang akan dirilis pada Jumat (5/5).

Data CME Group Fedwatch menunjukkan 93,2% dari responden memprediksi kenaikan suku bunga 25 bps, sedangkan 6,8% memperkirakan tidak ada kenaikan suku bunga untuk pertemuan bulan Mei.

Pasar aset kripto akan bereaksi terhadap hasil keputusan The Fed. Jika The Fed menaikkan suku bunga 25 bps maka akan memberikan reaksi positif terhadap dollar AS dan bereaksi negatif terhadap pasar aset kripto.

Baca juga: Masyarakat Diminta Memahami Sifat Aset Kripto, Ini Alasannya

“Sebaliknya, jika The Fed tidak menaikkan suku bunga, kemungkinan besar pasar kripto akan bereaksi positif,” kata Panji, Selasa (2/5).

Panji Yudha menyarankan agar investor aset kripto dapat mempertimbangkan strategi buy the dip.

“Turunnya harga BTC dari tingkat tertinggi ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang investor mengakumulasikan jumlah BTC dan menambah jumlah aset yang mereka miliki,” imbuh Panji.

Dalam menerapkan strategi buy the dip, investor dapat membeli secara bertahap ketika harga BTC dan ETH sedang turun dikarenakan harga aset tersebut sudah mulai stabil dan menunjukkan pemulihan.

Untuk mengelola manajemen risiko dalam trading aset kripto yang memiliki volatilitas tinggi, Panji menyarankan untuk menggunakan fitur Stop Loss dan Take Profit dalam Ajaib Kripto.

Setelah itu, investor harus membuat trading plan dan menetapkan proyeksi keuntungan dengan berbasis analisis teknikal dan mengikuti perkembangan isu makro.

Gunakan fitur Take Profit dalam aplikasi Ajaib Kripto sesuai proyeksi keuntungan yang telah ditetapkan dalam trading plan.

“Aksi buy the dip dengan membeli saat harga telah jauh di bawah rata-rata aset kripto yang telah kita miliki. Setelah nilai aset kripto yang berhasil naik lagi akan menjadi momen tepat bagi investor untuk menjualnya kembali sebagai langkah mengelola manajemen risiko di dalam trading aset kripto,” kata Panji Yudha.

Analisis Teknikal Bitcoin & Ethereum Pekan ini

BTC/USDT

Support: US$ 26.600

Resistance : US$ 29.175

Selasa (2/5) pagi 08:00 WIB, BTC bergerak di kisaran US$ 28.065. Dalam beberapa hari terakhir BTC belum mampu breakout descending trendline dan saat ini juga bergerak dibawah MA-20 dan MA-50.

Di pekan ini, BTC berpotensi untuk lanjut melemah jika gagal bertahan di level support terdekat di US$ 27.800 dan berpotensi untuk lanjut melemah ke support selanjutnya di US$ 26.600. Indikator stochastic bergerak turun di area centreline dan MACD histogram bar dalam momentum bearish.

ETH/USDT

Support : US$1.725

Resistance : US$2.000

Secara teknikal, Selasa (2/5) pagi 08:00 WIB, ETH bergerak di kisaran US$1.835. Dalam sepekan terakhir, ETH beberapa kali telah gagal menembus area psikologis resistance US$2.000.

Saat ini, ETH bertengger di bawah MA-20 dan MA-50. Selanjutnya, ETH berpotensi melemah menuju level dynamic support MA-100 yang berada di kisaran US$1.725. Indikator stochastic melemah di area centreline. MACD histogram bar dalam momentum bearish. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER