Kamis, 23 Mei 2024
FINTECHNESIA.COM |

Lazada dan DANA Hadirkan Pembayaran di Tempat Dengan QRIS

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Lazada Indonesia dan DANA memperkenalkan pembayaran digital Quick Response Code Indonesia Standard atau QRIS dari DANA bagi para pelanggan Lazada.

Pembayaran digital ini memberikan kemudahan bagi pelanggan yang memilih metode pembayaran di tempat dengan menggunakan aplikasi DANA saat barang diantar ke pelanggan. Pilihan pembayaran ini khusus bagi pelanggan dengan jasa pengiriman Lazada Logistics.

Direktur Eksekutif Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo mengatakan, pembayaran digital dengan QRIS dari DANA kini dapat digunakan dalam transaksi di Lazada. Khususnya bagi pelanggan yang menggunakan sistem pembayaran di tempat.

“Saat barang diantar, pelanggan bisa memilih pembayaran di tempat non tunai dengan memindai QRIS melalui aplikasi DANA,” kata Ferry, pekan lalu.

Pembayaran digital menggunakan QRIS sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat.

Baca juga: Sah, Sinar Mas dan Lazada Jadi Pemegang Saham di DANA

Bank Indonesia (BI) mencatat, jumlah pengguna QRIS di Indonesia sebanyak 28,75 juta hingga Desember 2022. Meningkat 15,95 juta pengguna dibandingkan pada akhir tahun sebelumnya.

Ini menunjukkan bahwa QRIS telah menjadi salah satu solusi pembayaran sehari-hari yang diterima dan digunakan masyarakat. Melihat potensi pertumbuhan QRIS, Lazada berkolaborasi dengan DANA menyediakan QRIS sebagai salah satu pilihan pembayaran transaksi di Lazada.

Kolaborasi dengan DANA ini merupakan langkah awal untuk memberikan kelengkapan pilihan kemudahan bertransaksi pembayaran di tempat atau COD untuk pelanggan ekosistem Lazada dan DANA,” ungkap Ferry, pekan lalu.

Saat ini pembayaran digital menggunakan QRIS dari DANA sudah dapat dilakukan di 80 kota di Indonesia. Pelanggan bisa melakukan pembayaran digital QRIS dari DANA di kota-kota yang sudah dilayani oleh Lazada Logistics.

“Kurir akan memberikan pilihan pembayaran ini saat mengantarkan barang ke pelanggan. Cukup pindai QRIS dengan aplikasi DANA dan barang bisa langsung diterima. Mudah dan praktis tanpa harus menyiapkan uang tunai,” terang Ferry.

Sementara BI menargetkan pertumbuhan volume transaksi QRIS hingga sejumlah satu miliar transaksi di 2023. Adapun jumlah pengguna 45 juta orang di tahun 2023 ini. 

Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia mengungkapkan, kolaborasi ini sejalan dengan tujuan DANA untuk meningkatkan inklusi keuangan digital melalui perluasan akses terhadap layanan pembayaran digital untuk masyarakat.

“Melalui kemitraan ini, kami berharap seluruh masyarakat dapat menikmati layanan jasa pembayaran dan layanan keuangan oleh DANA, khususnya saat bertransaksi di platform Lazada,” teramg Vince.

Hingga saat ini, pengguna layanan keuangan DANA telah mencapai lebih dari 135 juta pengguna di Indonesia.

Sementara Lazada akan terus meningkatkan dan memperluas layanan kemudahan bertransaksi dengan QRIS dalam waktu dekat. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER