Jumat, 8 Desember 2023
FINTECHNESIA.COM |

P&G Health memperingati Minggu Kesadaran Neuropati 2023 agar berbagai orang dapat “Mengendalikan Kehidupannya”

BACA JUGA


  • Mengenakan pita ungu selama dua tahun berturut-turut guna meningkatkan kesadaran publik tentang Neuropati Periferal, gangguan kesehatan yang kurang terdiagnosis dan tertangani di Asia, Timur Tengah, dan Afrika
  • Merilis studi baru yang mengemukakan pentingnya peran vitamin B dalam mendukung fungsi saraf yang sehat


SINGAPURA, 18 Mei 2023 /PRNewswire/ — P&G Health, divisi layanan kesehatan P&G (NYSE:PG), produsen Neurobion, melansir program "Put Life Back in Your Hands" yang kini memasuki tahun kedua sekaligus memperingati Minggu Kesadaran Neuropati (Neuropathy Awareness Week) 2023 di 18 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika. Neuropati Periferal (NP) merupakan gangguan kesehatan kronis ketika sistem saraf periferal mengalami kerusakan. Gejala neuropati periferal meliputi kebas, kesemutan, rasa tertusuk dan terbakar pada kaki serta tangan. Kualitas hidup penderita NP mengalami dampak negatif, termasuk turunnya kemampuan fisik dan pola tidur yang buruk. 

Diabetes Melitus menjadi penyebab utama[1] Neuropati Periferal (NP). Maka, tingkat penyebaran NP sangat terkait dengan maraknya jumlah pasien diabetes. Jumlah pasien diabetes di Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika diperkirakan naik menjadi 603 juta jiwa pada 2045[2], dan sekitar 50% pasien diabetes diperkirakan mengidap Neuropati Periferal semasa hidupnya. Selain diabetes melitus, penuaan, alkoholisme, dan defisiensi vitamin B merupakan faktor risiko tinggi yang mengakibatkan kerusakan saraf periferal.

Aalok Agrawal, Senior Vice-President, P&G Health, Asia, India, Timur Tengah & Afrika berkata, "Neuropati dan kesehatan Saraf terus menjadi gangguan kesehatan yang belum terdiagnosis dan dirawat dengan baik di wilayah kami. Memasuki tahun kedua, P&G Health mengenakan pita ungu untuk memperingati ‘Minggu Kesadaran Neuropati’ agar semakin banyak orang dapat mempelajari dan menangani Neuropati Periferal serta komplikasi terkait. Tim kami yang tersebar di 18 pasar akan bekerja sama dengan tenaga kesehatan dan pasien guna meningkatkan kesadaran publik melalui program aktivasi kreatif secara daring dan luring, serta pusat pemeriksaan kesehatan, dan penggunaan alat pemeriksaan mandiri. Hal tersebut mengangkat tantangan yang dihadapi penderita PN sehari-hari, serta pentingnya diagnosis dini dan penanganan yang tepat waktu."

APAKAH ANDA MENGETAHUI?

  • Gejala Neuropati Periferal (PN) sering disalahtafsirkan oleh dokter layanan primer, sebab banyak pasien kesulitan menggambarkan gejala yang dialaminya, maka gangguan kesehatan ini tidak ditangani dengan tepat[3].
  • Pasien kerap tidak menyadari gejala dan hubungan gejala ini dengan sistem saraf atau mengabaikannya. Menurut survei terbaru, hingga 57% pasien diabetes tipe dua tidak terdiagnosis mengalami neuropati periferal diabetes[4].
  • Jika tidak terdiagnosis dan diobati secara dini, PN dapat berkembang menjadi nyeri neuropati yang sangat berdampak negatif terhadap kualitas hidup, kehidupan sosial, dan profesional[5].
  • Nyeri PN diabetes sangat mengganggu status pekerjaan dan produktivitas kerja. Di kalangan pasien yang masih bekerja, 59% merasa kurang produktif ketika bekerja [6].
  • Porsi PN diabetes sangat marak ditemui pada pasien diabetes di Asia Tenggara; di beberapa negara, porsinya bahkan mendekati 60%[7].

Vitamin B1, B6, dan B12 berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf. Vitamin B1 menyediakan energi bagi sistem saraf, sedangkan, vitamin B6 membantu transmisi sinyal pada sistem saraf, dan vitamin B12 membantu regenerasi neuron.


RISET BARU

P&G Health berkomitmen memprakarsai dan mendukung riset seputar kesehatan saraf dan neuropati periferal. Studi in-vitro yang dijalankan P&G Health mengungkap, kesehatan neuron, tecermin dari kelangsungan hidup sel, pertumbuhan neurite, serta produksi jaringan neurite yang sehat, meningkat secara signifikan ketika sel saraf berkembang dengan vitamin B1, B6, dan B12[8].

  • Saat vitamin B tidak tersedia, kelangsungan hidup sel terganggu, dan pertumbuhan neurite pada hari 3-4 mengalami penurunan pada klaster tubuh sel dan panjang neurite juga menyusut.
  • Studi ini mengungkap, ketika Vitamin B1, B6, dan B12 terdapat pada kultur saraf, panjang neurite meningkat hingga 124% dan tubuh sel secara keseluruhan bertambah 55%.
  • Jaringan saraf sel yang diperkaya B1, B6, dan B12 juga meningkat dua kali lipat.

*Studi in-vitro dilakukan dengan sel saraf sehat.

"Lewat forum ilmiah seperti ‘Demystify Neuropathy’, kami juga menghadirkan pakar kesehatan dari seluruh dunia dan wilayah untuk saling berbagi dan bertukar pandangan klinis tentang cara meningkatkan kesehatan saraf. Hal ini dilakukan dengan memahami etiologi Neuropati Periferal, menjalankan diagnosis simpel lewat lima langkah, serta menyediakan penanganan yang tepat waktu termasuk meningkatkan asupan vitamin B," lanjut Aalok.

Sanggahan: Indikasi Neurobion berbeda-beda di setiap negara. Anda dapat berkonsultasi dengan tenaga kesehatan di wilayah Anda untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

Tentang Program "Put Life Back in Your Hands":

Program "P&G Health Put Life Back in Your Hands" terinspirasi dari gejala seperti kebas dan kesemutan yang dialami penderita Neuropati Periferal (NP). Lebih lagi, program ini mengulas kondisi penderita NP yang tidak merasakan hal dialami orang lain ketika menjalani aktivitas rutin. Kondisi tersebut berdampak negatif terhadap kemampuan penderita NP dan kondisi emosionalnya.

Tentang P&G Health: 

P&G Health, divisi layanan kesehatan P&G, memadukan Sains yang penuh terobosan dengan pemahaman luas atas pasien dan konsumen. Lewat langkah ini, P&G Health menghadirkan produk terbaik yang tepercaya, bermutu, dan direkomendasikan agar berbagai orang menjalani kehidupan yang lebih sehat dan menyenangkan. Portofolio P&G Health meliputi merek-merek terkemuka di segmen Pernapasan, Vicks® dan Nasivin®, Ibu Hamil, Femibion® dan Clearblue®, Kesehatan Mulut, Crest® dan Oral-B®, Vitamin dan Mineral, Bion3®, Seven Seas®, Evion®, dan Sangobion®, Sistem Pencernaan, Metamucil®, Prilosec OTC®, Pepto Bismol®, dan Align®, Sistem Saraf, Neurobion®, serta Pereda Nyeri, Dolo-Neurobion®.

Tentang Procter & Gamble:

P&G melayani berbagai konsumen di seluruh dunia dengan salah satu portofolio produk terbaik yang terdiri atas merek-merek tepercaya, bermutu, dan menjadi pemimpin pasar, yakni Always®, Ambi Pur®, Ariel®, Bounty®, Charmin®, Crest®, Dawn®, Downy®, Fairy®, Febreze®, Gain®, Gillette®, Head & Shoulders®, Lenor®, Olay®, Oral-B®, Pampers®, Pantene®, SK-II®, Tide®, Vicks®, and Whisper®. Komunitas P&G beroperasi di sekitar 70 negara di seluruh dunia.

Referensi:

[1].  Landmann G. Ars Medici. 2013;1: 18-21 [2].  International Diabetes Federation (IDF) Atlas 10th Edition, 2021 [3].  Boulton AJM, et al. Diabetes Care. 2004;27: 1458-1486.  I  2. Freynhagen R, et al. Curr Med Res Opin. 2006;22:1911-1920. [4].  Ziegler D, et al. Diabetes Res Clin Pract. 2018;139: 147–154. [5]. Connor AB. Pharmacoecon. 2009;27: 95–112. [6]. Allemann CJM. Diab Res Clin Practice. 2015;109: 215–225. [7]. Malik, R.A., J Diabetes Investig 2020; 11: 1097-1103 [8].  Banek N et al., Int J Phys Med Rehab 2022, 10 (18):1000002


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER