Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

DANA dan Bank DBS Indonesia  Layani BI Fast Melalui Kolaborasi DBS RAPID

BACA JUGA




FinTechnesia.com | DANA hadir sebagai dompet digital yang memberikan solusi bagi segmen unbanked dan underbanked di Indonesia.  Bekerja sama dengan nasabah fintech, e-commerce dan e-marketplace, menciptakan solusi digital yang mendukung perekonomian digital Indonesia, kolaborasi DANA dan Bank DBS Indonesia berawal sejak Agustus 2022. 

Kolaborasi ini mentransformasikan layanan realtime application programming interface (API) by DBS atau DBS RAPID memproses pembayaran, pelunasan piutang, dan informasi transaksi secara real-time ke dalam alur kerja bisnis selama 24/7.

Dengan kata lain, nasabah korporasi dapat fokus dalam mengembangkan bisnis mereka tanpa harus mengkhawatirkan proses kompleks di balik layar.

Rangga Wiseno, Chief Product Officer DANA menjelaskan, DANA menawarkan layanan pengisian saldo, pengiriman uang, pembayaran tagihanonline dan offline, top-up game online, serta transaksi menggunakan barcode scan di berbagai gerai dan e-commerce.

DANA turut menghadirkan fitur layanan transfer bebas biaya ke bank dan non-bank. Saat ini, berbagai layanan DANA sudah dinikmati oleh 144 juta pengguna.

“Mengakselerasi transformasi sistem, kami berkolaborasi dengan para partner, termasuk Bank DBS Indonesia,” ungkap Rangga, pekan lalu.

Baca juga: Manulife Indonesia dan Bank DBS Indonesia Perkenalkan Produk Asuransi Jiwa Baru, MiFLIP, Ini Fiturnya 

Sebagai salah satu bank yang berpartisipasi sejak tahap pertama penerapan BI-Fast, Bank DBS Indonesia mengombinasikan fitur API pada layanan DBS RAPID, yakni BI-Fast API. 

Fitur ini membantu proses pengiriman dana domestik di bank peserta BI-Fast secara instan dan kapan saja serta Transaction Status Enquiry (TSE) API yang beroperasi untuk memeriksa status pembayaran jika terjadi time-out koneksi.

Sistem pembayaran BI-Fast memudahkan perpindahan dana antar dompet digital dan berbagai rekening bank dengan biaya yang lebih terjangkau. 

Dengan menggunakan DBS RAPID, waktu penyelesaian pembayaran dipersingkat. Sehingga lebih efisien dan biaya transaksi lebih terjangkau, serta berkurangnya masalah seperti pembayaran gagal yang mengakibatkan penangguhan sementara layanan di aplikasi. 

“Ke depann DANA bersama Bank DBS Indonesia akan terus berinovasi untuk
membantu memajukan perekonomian nasional. Serta mendorong akselerasi inklusi dan literasi keuangan di Indonesia,” lanjut Rangga.

Unit Global Transaction Services Bank DBS Indonesia telah membukukan kenaikan total jumlah transaksi sebesar lebih dari 700% di tahun 2022.

Sebagian besar dari kenaikan transaksi tersebut dari transaksi BI-Fast melalui kanal digital korporasi DBS RAPID. Adopsi DBS RAPID ini diperkuat dengan kenaikan volume transaksi sebesar 1.500% di tahun 2022.

Head of Global Transactions Services DBS Indonesia, Dandy Pandi menyampaikan, pihaknya membantu DANA mengakselerasi layanan berbasis digital dan mencapai efisiensi layanan perbankan.

Hal ini didukung oleh kapabilitas Bank DBS Indonesia yang menyediakan lebih dari 46 layanan API untuk memudahkan kebutuhan transaksi nasabah korporasi. 

“Dengan mengintegrasikan layanan perbankan kami ke dalam sistem inti DANA, mereka dapat beroperasi tanpa perlu berpindah platform sehingga membuat transaksi lebih kasat mata,” terang Dandy. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER