Sabtu, 27 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dorong Pembiayaan UMKM, OJK Manfaatkan Securities Crowdfunding

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan percepatan dan perluasan akses ke sektor pasar Modal dengan memanfaatkan produk securities crowdfunding (SCF).  Produk  SCF ini diharapkan bisa semakin mendorong pengembangan UMKM khususnya di Bali. Seuungga dapat bersaing secara nasional bahkan sampai ke kancah internasional.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK, Inarno Djajadi menjelaskan, SCF ini menjadi solusi alternatif yang tepat bagi para pelaku UMKM yang membutuhkan permodalan, terutama UMKM yang belum bankable

“Aplikasi ini memberikan akses yang mudah dan dapat dijangkau oleh seluruh pelaku usaha di pelosok negeri dengan memanfaatkan platform digital,” kata Inarno, Jumat (14/7) 

Khusus di wilayah Bali, telah terdapat sebelas pelaku UMKM yang menerbitkan SCF melalui 5 penyelenggara serta jumlah investor sebanyak 5.025 pemodal. Adapun dana yang dihimpun sebesar Rp24,03 miliar.

Baca juga: Sediakan Fitur Crowdfunding, Amartha Ajak Milenial Dukung UMKM

Gubernur Bali, Wayan Koster menyampaikan. pelaku UMKM tidak hanya membutuhkan edukasi dan pelatihan dalam mengembangkan usaha, tetapi juga kemudahan akses terhadap permodalan. 

Wayan Koster menambahkan, Bali memiliki enam sektor unggulan, yaitu sektor pertanian dalam arti luas termasuk peternakan dan perkebunan dengan sistem pertanian organik, sektor kelautan dan perikanan, serta sektor industri manufaktur dan industri berbasis budaya branding bali. 

“Selain itu, Pemprov Bali juga mendorong pertumbuhan sektor industri kecil menengah (IKM), usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan koperasi, sektor ekonomi kreatif dan digital serta sektor pariwisata,” kata Wayan. 

Sampai dengan 7 Juli 2023 telah terdapat 16 penyelenggara SCF yang telah mendapatkan izin dari OJK dengan 423 Penerbit, 156.632 pemodal, dan total dana yang dihimpun sebesar Rp911,35 miliar.

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu (SEPMT) 2023 yang diselenggarakan OJK sejak tanggal 12 hingga 15 Juli 2023. (alo)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER