Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Jelang Akhir Tahun 2023, Pembiayaan Korporasi Masih Tumbuh Positif

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pembiayaan korporasi pada November 2023 terindikasi tumbuh positif. Tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi sebesar 14,9%.

Pertumbuhan kebutuhan pembiayaan korporasi tersebut terutama didorong oleh peningkatan kebutuhan pada sektor konstruksi. Adapun sumber pembiayaan korporasi terutama berasal dari dana sendiri. Lalu diikuti pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik, pinjaman/utang dari perusahaan induk, serta pembiayaan dari perbankan dalam negeri.

“Penyaluran kredit baru oleh perbankan pada November 2023 juga terindikasi tumbuh positif dengan SBT sebesar 70,4%,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono, Selasa (19/12).

Baca juga: Siap-Siap, Kebutuhan Pembiayaan Korporasi Terindikasi Meningkat

Faktor utama yang memengaruhi penyaluran kredit baru tersebut antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain. Sementara itu, untuk keseluruhan triwulan IV 2023, penawaran penyaluran kredit baru dari perbankan juga diperkirakan tetap tumbuh.

Di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru pada November 2023 terindikasi sedikit lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya, dengan mayoritas pembiayaan berasal dari bank umum. Selain perbankan, sumber pembiayaan yang menjadi preferensi rumah tangga antara lain koperasi dan leasing.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER