Minggu, 14 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

DANA Catat Pertumbuhan Pengguna 23% di 2023, Jumlah Transaksi QRIS Melesat 23%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Fokus pertumbuhan DANA sepanjang tahun 2023 adalah menjadi dompet digital kepercayaan pengguna melalui inovasi yang berfokus pada kemudahan layanan dan keamanan transaksi. Peningkatan digitalisasi UMKM di Indonesia juga menjadi perhatian DANA dalam rangka memberdayakan UMKM untuk go digital. 

Tahun 2023 juga menjadi momentum bagi DANA untuk turut menyukseskan interkonektivitas sistem pembayaran antarnegara. Memasuki tahun keenam melayani kebutuhan transaksi digital masyarakat sehari-hari, DANA melanjutkan komitmen dalam menjadi jembatan menuju inklusi keuangan melalui berbagai capaian dari hasil pengembangan fitur yang menempatkan pengguna di titik pusat inovasinya.

Pada tahun 2023, DANA mencatat jumlah pengguna mencapai 170 juta atau meningkat 23% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan positif ini tentu menunjukkan tingkat adopsi yang tinggi terhadap jasa pembayaran dan layanan keuangan digital oleh masyarakat, serta kepercayaan pengguna terhadap dompet digital DANA.

Adri Awwal, VP Product of DANA Indonesia mengatakan, DANA mencatatkan pertumbuhan transaksi QRIS yang signifikan pada tahun dari tahun 2022 ke 2023, yaitu mencapai 272%. Sedangkan, fitur Kirim Uang juga tunbuh 147% di tahun 2023. 

“Angka-angka ini tidak hanya menunjukkan antusiasme para pengguna terhadap fitur yang kami hadirkan, tapi juga menggambarkan terpenuhinya gaya hidup finansial para pengguna dari layanan yang DANA tawarkan,” kata Adri, Selasa (30/1).

Baca juga: Industri Global Terus Tumbuh, DANA Paparkan Potensi Fintech Bagi Ekonomi Berkelanjutan di World Economic Forum 2024

Sebagai perusahaan teknologi yang mengedepankan Quality of Service (QoS) atau kualitas layanan, DANA juga senantiasa menjadi dompet digital yang relevan bagi para penggunanya sehingga dapat mendorong produktivitas pengguna terutama dalam aspek gaya hidup finansialnya. 

Ivan Kusuma, Head of Investment and Insurance DANA Indonesia menjelaskan, DANA selalu berfokus pada pengalaman pengguna dalam menghasilkan inovasi dan layanan produk. DANAmemiliki dua layanan finansial spesifik untuk asuransi dan investasi. 

DANA Siaga untuk asuransi, DANA eMAS dan DANA Goals untuk investasi demi memberikan produk asuransi dan investasi yang aman dan mudah dimiliki pengguna. Hasilnya, pertumbuhan positif juga dirasakan pada layanan keuangan digital DANA, seperti DANASiaga yang melonjak hingga sembilan kali lipat.

“Dengan menghadirkan produk teknologi finansial yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, DANA dapat semakin memperkuat posisinya sebagai dompet digital pilihan masyarakat,” kata Ivan.

Selama 2023, DANA juga sukses menjalani berbagai program yang berfokus mendorong inklusi keuangan dan pemberdayaan berbagai komunitas di seluruh kalangan, seperti anak muda, perempuan, hingga penyandang disabilitas.

Di tahun 2023, DANA juga menorehkan sejarahnya sebagai dompet digital pertama yang menjadi peserta peluncuran implementasikan perdana QR Cross Border di tiga negara berturut-turut, yaitu Thailand, Malaysia, Singapura. Implementasi QR Cross Border ini menjadi wujud kontribusi DANA dalam meningkatkan inklusi keuangan sesuai arahan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 dari Bank Indonesia.

“Tingkat keamanan selalu menjadi prioritas DANA, menyadari bahwa tingkat keamanan aplikasi harus menjadi fokus kami sebagai penyedia layanan teknologi finansial,” tutup Adri. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER