Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkomsel dan Singtel Gandeng Google, Dukung Transformasi Digital Bisnis Melalui Pengembangan Layanan RCS

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Guna mendukung transformasi digital pada bisnis, Telkomsel menggandeng Google, menghadirkan layanan Rich Communication Services (RCS) dengan Rich Business Messaging (RBM).

Tujuannuya meningkatkan pengalaman komunikasi pelanggan dan menyajikan solusi pesan singkat yang lebih canggih dan kaya akan fitur yang didukung oleh infrastruktur jaringan terdepan dan terluas Telkomsel di Indonesia.

Wong Soon Nam, Direktur Planning & Transformation Telkomsel mengatakan, kolaborasi dengan Google untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui kehadiran layanan RCS dengan RBM menjadi wujud komitmen menyediakan solusi khusus melalui teknologi terkini kepada para pelanggan bisnis di Indonesia.

“Kolaborasi ini mencerminkan visi Telkomsel untuk terus memimpin inovasi transformasi digital di industri telekomunikasi Indonesia. Serta menciptakan nilai tambah yang berdampak positif secara inklusif dan berkelanjutan bagi ratusan juta pelanggan kami,” terang Wong, pekan lalu.

Pelaku bisnis juga dapat menggunakan semua fitur komunikasi canggih yang disediakan dalam RCS untuk menyampaikan ‘Rich Business Messages’ (RBM) kepada pelanggan dengan use case spesifik sesuai kebutuhan mereka. Layanan RBM akan tersedia untuk pelanggan Telkomsel di Indonesia.

Serta bagi pelanggan pemegang saham Telkomsel, Singtel, di Singapura, dengan mempertimbangkan ketersediaan perangkat yang sudah mendukung teknologi ini. Di masa depan, pelanggan akan dapat menikmati lebih banyak fitur dan manfaat seiring dengan perkembangan layanan RCS yang berkelanjutan.

Terence Lai Tuck Leong, Vice President of Digitalisation, Products, and Partnerships Singtel Singapura menyatakan, pihaknya selalu mencari platform dan layanan baru yang inovatif yang dapat membantu perusahaan meningkatkan kinerja bisnis dan interaksi dengan pelanggan.

“Dengan platform ini, kami membuka peluang bagi bisnis dari berbagai ukuran dan sektor untuk menjangkau sejumlah besar pelanggan Android yang terus berkembang, menawarkan solusi dan layanan mereka, serta melayani mereka dengan lebih baik,” kata Terence.

Baca juga: Telkomsel Meluncurkan Layanan Digital IndiHome Karaoke

Jason Choy, Direktur Android & Business Communication Product Partnerships, International Google mengatakan, dengan pengalaman llebih dari 28 tahun di pasar Indonesia, pihaknya yakin Telkomsel memiliki kredibilitas untuk menyediakan solusi telekomunikasi yang andal kepada para pelaku bisnis. Termasuk dukungan untuk RCS.

“Kami berharap layanan ini dapat mendukung transformasi digital di berbagai jenis bisnis serta membuka peluang baru bagi inovasi bisnis di masa depan,” kata Jason.

Sejak 2016, Telkomsel telah menyatakan dukungannya terhadap Global System for Mobile Communications Association (GSMA) dalam mendorong adopsi RCS. Profil Universal (UP) RCS dari GSMA dapat menyediakan layanan pesan terbuka, konsisten, dan global di seluruh jaringan dan perangkat.

Head of APAC GSMA, Julian Gorman menyatakan, pengguna ponsel dan industri dapat sangat diuntungkan dari standar universal dan interoperabel. Seperti RCS, dalam hal teknologi seluler. Kemitraan ini mendukung dan mendorong persaingan pasar yang sehat dan inovasi.

“Profil Universal (UP) RCS dari GSMA bermanfaat baik untuk pengguna bisnis maupun konsumen, dengan menyederhanakan interoperabilitas. Memungkinkan produsen perangkat dan penyedia sistem operasi untuk mengembangkan skala, memberikan pengalaman pesan yang lebih kaya dan konsisten bagi pengguna tanpa memandang perangkat atau jaringan,” terang Julian. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER