Minggu, 14 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kisah Inspiratif Dini Nurul Islami, Guru Honorer yang Mengubah Hidup melalui Shopee Affiliate dan Shopee Live

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Benarkah, jika kunci sukses itu harus memiliki privilege terlebih dahulu? Justru, kisah inspiratif dari seorang guru honorer asal Tasikmalaya, Dini Nurul Islami memberikan perspektif berbeda.

Lahir pada tahun 1997, Dini, sapa akrabnya, membuktikan, rute menuju keberhasilan dapat ditempuh melalui kerja keras, konsistensi, bakat, dan semangat untuk mengubah hidup menjadi lebih baik.

Berawal dari rasa ingin tahu terhadap potensi Affiliate, Dini memutuskan bergabung Shopee Affiliate Program pada tahun 2021. Ia emudian fokus mengembangkan kemampuan sebagai kreator Shopee Live di tahun 2023.

Meskipun sempat mengalami putus asa dalam dua tahun pertama karena minimnya followers di media sosial, semangatnya terus berkarya dan memberikan inspirasi lebih besar dari segala rintangan. Tidak melulu soal mencari popularitas, Dini, yang dikenal dengan konten review unik karena suara khas seraknya, berhasil mengantarkan dirinya mendapatkan penghasilan tambahan signifikan dengan nominal ratusan juta perminggu.

Bahkan konsistensinya, bisa memberikan training dan mempekerjakan lebih dari 10 pegawai. Tak sampai disitu, baru-baru ini lewat kanalnya ia berhasil masuk dalam nominasi Shopee LIVE Top Electronic Creator di Shopee Super Award 2023.

Baca juga: Wow, Bisa Gaet Penghasilan Nan Menggiurkan Melalui Shopee Affiliates Program

Menurut Dini, kesuksesan bukan sekadar destinasi, tapi perjalanan penuh dedikasi dan semangat untuk terus berkembang. Begitu pula kisah perjalanan semenjak memfokuskan diri bersama Shopee Affiliate Program dan Shopee Live yang ternyata membawa berkah luar biasa.

Banyak hal yang ia dapat Tidak hanya memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun juga memberikan kontribusi positif kepada saudara dan teman sekitar yang membutuhkan pekerjaan.

Dulu hanya satu orang sebagai tambahan host live, kini bisa membantu lebih dari sepuluh karyawan yang dipekerjakan. Dampak luar biasa lainnya, penghasilan seminggu kurang lebih di tiga digit.

“Tiga bulan sejak bergabung dengan Shopee Live pada Oktober 2023, Alhamdulillah, dengan cepat saya berhasil mewujudkan impian membeli rumah dan mobil, tentu berkat komisi dari Shopee. Oleh karena itu, setiap langkah kecil dan usaha yang kita tanamkan dengan yakin dapat membuka pintu baru menuju peluang-peluang yang tak terduga,” terang Dini, pekan lalu.

Demi mendapatkan penghasilan tambahan untuk menyambung hidup, jauh sebelumnya Dini sempat membuka usaha kecil-kecilan berupa makanan kue kering di Shopee khusus di momentum tertentu, seperti Lebaran.

Lantaran omzet terbilang kecil, Dini memutuskan menciptakan peluangnya sendiri lewat bergabung Shopee Affiliate Program. Meskipun perjalanan tidaklah singkat sejak 2021, titik keberhasilan Dini justru tiba ketika ia memperluas kemampuannya sebagai kreator live streamer di Shopee Live pada bulan Oktober 2023. Tepat di kampanye besar Shopee 10.10 kala itu.

Dalam perjalanan karier, Dini tidak hanya menjadi seorang guru untuk murid-muridnya, melainkan juga sumber inspirasi bagi mereka yang mungkin membutuhkan beragam produk elektronik, home & living, hingga lifestyle melalui konten-konten kreatif sebagai Shopee Affiliate maupun live streamer di Shopee Live.

Setiap pilihan produk telah melalui proses riset cermat terkait tren pasar, musim, dan kebutuhan relevan masyarakat. Sebagai contoh, pada musim hujan, Dini memilih mempromosikan produk-produk seperti payung, jas hujan, maupun jaket yang sesuai dengan preferensi dan kondisi saat itu.

Di sisi lain, melihat mobilitas orang yang kian multitasking, berangkat ke kantor sambil meeting, atau berolahraga sambil mendengarkan musik, menjual TWS atau earphone, juga menjadi andalannya.

Saat melakukan live stream, Dini tidak hanya mengandalkan kemampuan untuk menarik perhatian penonton, tetapi juga secara cermat mencari barang terlaris berkualitas bagus namun tetap terjangkau di Shopee.

Sebagai langkah awal, Dini wajib membeli barang tersebut untuk mencobanya terlebih dahulu. Setelah yakin, barulah mulai mempromosikan kepada audiens. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER