Sabtu, 13 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tokopedia Bagi Tips UMKM Pemula Maksimalkan Persiapan Jualan Online Jelang Ramadan 2024

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Ramadhan merupakan momentum istimewa bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Momentum ini juga menjadi peluang besar bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, untuk meningkatkan penjualan.

Merchant Marketing Lead Tokopedia, Annabel mengatakan, di Tokopedia, sejumlah kategori produk, seperti Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan
Tubuh, Otomotif, Rumah Tangga, dan Fesyen menjadi yang paling diburu oleh masyarakat menjelang Ramadan 2024.

“Tokopedia kembali menghadirkan kurikulum untuk para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, agar penjual bisa memaksimalkan strategi jualan online di Tokopedia,” jelas Annabel, Senin (4/3).

Tokopedia melalui Annabel, membagikan tips bagi penjual dalam memaksimalkan penjualan jelang dan selama bulan Ramadan 2024.

Baca juga: Jelang Ramadan, Tokopedia dan TikTok Hadirkan Promo Flash Sale Hingga 90%, Diskon dan Grand Prize Hingga Rp 500 Juta

  1. Jaga stok barang biar penjualan aman saat Ramadan 2024
    “Penjual dapat memanfaatkan fitur Wawasan Pasar untuk mengetahui
    produk yang paling laris atau cari tahu bocoran produk terlaris Ramadan 2024 di Rekomendasi Produk pada halaman Pusat Edukasi Seller,” ungkap Annabel.
  2. Dekorasi halaman produk dan toko dengan tema Ramadan agar pembeli terkesan
    Penjual bisa menampilkan banner atau gambar promosi toko, video dan kupon promo. Dekorasi Toko berpotensi menarik lebih banyak calon pembeli dengan
    konten-konten menarik yang dapat meningkatkan branding hingga penjualan toko,. Agar lebih relevan, terapkan teknik SEO dengan menyasar kata-kata relevan yang lagi populer agar toko penjual mudah ditemukan calon pembeli melalui mesin pencarian,” jelas Annabel.
  3. Hadirkan berbagai promosi untuk memikat hati pembeli
    Sisihkan anggaran untuk promosi saat Ramadhan 2024. Tawarkan berbagai promosi menarik untuk menarik perhatian calon pembeli. “Sejumlah fitur promosi yang dapat dimanfaatkan penjual antara lain kupon cashback, diskon toko,
    flash sale, rilisan spesial, diskon bertingkat, hadiah pembelian, bebas ongkir, dan masih banyak lagi,” papar Annabel.
  4. Manfaatkan tren video pendek dan live streaming agar pembeli makin yakin
    Gunakan media sosial untuk menyebarkan kemeriahan promo yang dihadirkan, dengan menetapkan konten yang ingin disampaikan dan mengatur jadwal unggah konten.
  5. Evaluasi jualan toko agar penjualan semakin optimal
    Luangkan waktu untuk mengevaluasi performa penjualan toko selama Ramadhan melalui fitur Wawasan Toko. (nin)

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER