Bank MM Siap Salurkan Hingga Rp 2 Miliar ke Modal Rakyat

27

FinTechnesia.com | Sebagai salah satu financial technology (fintech) lending, tahun ini Modal Rakyat memperluas peluang kerja sama dengan bank perkreditan rakyat (BPR). Seperti Bank MM. 

PT. BPR Masyarakat Mandiri atau Bank MM menjadi BPR pertama yang bekerja sama dengan Modal Rakyat sebagai pendana institusi. Bank MM berkomitmen menyalurkan pembiayaan hingga Rp 2 miliar melalui Modal Rakyat. 

“Bank MM merupakan salah satu institusi keuangan yang menghubungi kita langsung, mengutarakan minat menjadi pendana institusi di Modal Rakyat. Kita harapkan minat dan intensi seperti ini dapat terus bertambah dari kalangan pelaku BPR di tahun 2021 ini,” ungkap Hendoko, CEO Modal Rakyat, dalam rilis, Selasa (16/2).

Pembiayaan fokus ke pelaku UMKM yang terdaftar di Modal Rakyat dengan penyaluran Rp100 juta – Rp 2 Miliar, dengan durasi pinjaman 1-6 bulan. Adapun pembiayaan ini akan disalurkan kepada pelaku usaha menengah yang memenuhi standar penilaian kredit di Modal Rakyat.

Fintech Finansial menjadikan akses layanan keuangan lebih mudah, cepat dan luas. “Hal ini mendasari kami bekerjasama dengan Modal Rakyat dalam penyaluran pendanaan kepada pelaku UMKM,” ungkap Febrianto, Direktur Utama Bank MM.

Modal Rakyat telah menyalurkan pembiayaan lebih dari Rp914 Miliar kepada lebih dari 20.000 pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Per Desember 2020 sebanyak 62,82% penyaluran pembiayaan di DKI Jakarta, dan 31,18% di luar DKI Jakarta.

Adapun penyaluran sebanyak 51,81% pada sektor teknologi dan 27,32% sektor perdagangan. Sedangkan jumlah pendana hingga kini terdapat lebih dari 45.000 pendana individu dan 13  pendana institusional (termasuk Bank MM) di Modal Rakyat. 

Tahun 2021, Modal Rakyat menargetkan penyaluran pembiayaan Rp 2 triliun. “Kami berharap ke depan semakin banyak pendana institusi, termasuk BPR yang bekerja sama dengan Modal Rakyat,” imbuh Hendoko. (yof)