Pasar Earphone dan Headphone Semakin Nyaring

12

FinTechnesia.com | Menurut data Global Market Insights, pasar earphone dan headphone diprediksikan bertumbuh 9% per tahun. Dan akan mencapai nilai shipment lebih dari US$150 juta di tahun 2026.

Sebanyak 40% permintaan pasar berasal dari area Asia-Pacifik. Pertumbuhan perangkat mobile devices dan internet memberikan kontribusi yang cukup siginifikan di pemakaian platform over the top (OTT). Dengan bertumbuhnya popularitas platform OTT di kalangan milenial, permintaan high quality earphones pun ikut mengalami kenaikan.

Di samping itu faktor-faktor lain yang membentuk pasar earphone dan headphone. Pertama, semakin banyak pengguna smartphone, sehingga permintaan untuk perangkat earphone akan bertambah.

Kedua, kenaikan popularitas online music streaming dan pertumbuhan internet. Ketiga, emajuan teknologi yang didapatkan pada earphones dan headphones saat ini. Seperti water resistant earphhone.

Mengutip rilis resmi Erajaya pekan lalu, penelitian terbaru Canalys menunjukkan kategori true wireless bukan hanya tumbuh secara cepat di industri earphone dan headphone.

Disinyalir akan menjadi kategori terbesar di pasar perangkat smart personal audio. Salah satu pemain baru, 1MORE hadir memanfaatkan tren positif ini. (eko)