TaniHub dan Kemenkop UKM Lakukan Digitalisasi Serta Korporatisasi Pertanian

30

FinTechnesia.com | TaniHub Group bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dalam digitalisasi dan korporatisasi pertanian Indonesia.

Agritech startup tersebut dan Kementerian Koperasi dan UKM melakukan pengiriman perdana mangga, bawang merah, dan bawang putih. Pengiriman berasal dari dua koperasi dan satu kelompok tani binaan Kementerian Koperasi dan UKM kepada TaniHub Group.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, kondisi petani dan sistem pertanian Indonesia sangat berbeda dengan situasi yang lebih maju di luar negeri. Di Belanda, Australia, dan Selandia Baru, para petaninya telah terlembagakan melalui koperasi petani.

Di Indonesia para petani masih bekerja secara perorangan dengan skala lahan yang kecil. Jika petani dapat bergabung dalam satu kelembagaan seperti koperasi, maka koperasi tersebut dapat langsung berhubungan market.

“Dengan begitu, petani dapat fokus meningkatkan produksi dan menghasilkan produk yang unggul. Lantaran pemasaran dan pengolahan produk sudah dilakukan oleh koperasi petani,” kata Teten, Minggu (22/11).

Kementerian Koperasi dan UKM mendukung pilot project model bisnis korporatisasi pertanian dengan TaniHub Group. Dalam model tersebut, para petani binaan Kementerian Koperasi dan UKM dapat memasarkan produk melalui TaniHub.