Sabtu, 10 Desember 2022

Stop Bakar Uang, Pendapatan Gojek Naik Dua Kali Lipat

BACA JUGA

- Advertisement -

Fintechnesia.com | Anda konsumen layanan Gojek, seperti ojek atau GoFood? Jangan berharap lagi mendapatkan diskon promo. Decacorn ini mulai meninggalkan strategi promosi ‘bakar uang dan fokus meningkatkan pengalaman pengguna (user experience). “Dalam 3-4 bulan ini lagi hot-hotnya startup yang lagi berubah haluan supaya tidak bakar uang. Tapi sebenarnya effort kami membangun perusahaan yang long term sudah mulai dari 2018,” kata Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi, Selasa (11/02).

Efeknya terasa. Tahun 2019, decacorn ink berhasil mencetak dua kali lipat pertumbuhan pendapatan. Aplikasi Gojek juga telah diunduh lebih dari 170 juta kali oleh pelanggan. Jumlah pengguna aktif bulanan Gojek tumbuh 1,5 kali lipat di 2019.

Kevin menjelaskan, strategi “bakar uang” sudah banyak dilakukan startup begitu juga di industri pesan antar makanan seperti GoFood. “Tapi layanan yang ditawarkan naiknya tidak sebanding dengan bisnis,” kata Kevin.

Tahun ini Gojek benar-benar memperbaiki user experience. “Bukan lagi ngomongin promo-promo terus,” ujar dia.

Salah satu motor penggerak Gojek adalah GoFood. alam empat tahun terakhir, jumlah pemesanan makanan (completed orders) GoFood meningkat sebanyak 30 kali lipat, dengan rata-rata jumlah completed orders mencapai 50 juta per bulan di akhir tahun 2019. Sementara, pertumbuhan jumlah mitra merchant meningkat 17 kali lipat menjadi 500.000 merchants. Beragamnya jumlah mitra merchants ini membuat GoFood mampu menyediakan ragam pilihan makanan hingga 16 juta item menu kepada pelanggan.

Awal tahun 2020., GoFood telah meluncurkan empat fitur baru

Guna meneguhkan kepemimpinan di tahun 2020 dan seterusnya, GoFood terus berfokus untuk menambah kepuasan berkuliner pelanggan melalui semangat baru brand GoFood, #LebiHepi.

Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, dengan pertumbuhan yang solid dan konsisten selama 4 tahun terakhir, GoFood akan memperkuat fokus kami pada memberikan kepuasan berkuliner bagi pelanggan dengan terus berinovasi lebih dari sekadar layanan online food delivery. “Awal tahun 2020 ini GoFood telah meluncurkan empat fitur baru yang makin memanjakan konsumen dalam berkuliner online, seperti GoFood Plus, GoFood Turbo, GoFood Plus dan fitur Google Assistant untuk pemesanan makanan,” terang Catherine. (Hlm)

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER