Dampak Virus Corona, XL Axiata Prediksi Terjadi Kenaikan Trafik 10%-15%

FinTechnesia.com | XL Axiata siap mengantisipasi potensi kenaikan trafik terkait meningkatnya aktivitas bekerja dan belajar dari rumah sebagai upaya menghindari penyebaran virus corona. XL Axiata menyiapkan jaringan yang memadai di semua wilayah layanan, termasuk menyiagakan tim jaringan selama 24 jam sehari. Jika memang terjadi peningkatan trafik yang signifikan, XL Axiata juga siap meningkatkan kapasitas jaringan.

(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, peningkatan trafik terlihat seiring meningkatnya pembicaraan mengenai wabah virus corona di Indonesia beberapa hari terakhir. “Akses ke sejumlah layanan data meningkat, terutama browsing informasi melalui Google. Selain trafik penggunaan WhatsApp, serta media sosial seperti Facebook dan Twitter yang menguat dibandingkan hari-hari biasa,” terang Gede, Senin (16/3).

Semakin banyaknya kantor yang meminta karyawan bekerja dari rumah, sekolah yang menyelenggarakan belajar dari rumah, juga perkuliahan daring, meningkatkan akses ke jaringan internet. Untuk itu, pihaknya terus memantau informasi dari masyarakat dan sistem monitoring jaringan Customer Experience and Service Operation Center di kantor pusat XL Axiata. Agar mengetahui di area mana terjadi kenaikan trafik.

Area-area perkotaan dan wilayah sekitarnya yang menjadi pusat bisnis dan lokasi tempat tinggal kaum pekerjanya mendapatkan perhatian XL Axiata untuk aktivitas bekerja dari rumah. Perhatian juga diberikan di area-area sekitar kampus, tempat kuliah daring.

Selebihnya, XL Axiata memastikan kualitas jaringan terjaga dilakukan semua wilayah layanan. Gede Darmayusa memperkirakan trafik berpotensi meningkat hingga 10% – 15% dibandingkan hari-hari biasa.   “Kami akan terus memantau perkembangan yang ada terkait dinamika masyarakat yang menerapkan work from home dan penerapan belajar di rumah untuk pelajar dan mahasiswa” lanjut Gede Darmayusa. (sof)