Sabtu, 27 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

Wabah Corona, Transaksi dan Pembayaran Online Meningkat, Perlu Edukasi ke Masyarakat

BACA JUGA


FinTechnesia.com | Saat wabah corona, terjadi tren perubahan signifikan terkait perilaku konsumen. Sebanyak 50% masyarakat mulai mengurangi aktivitas di luar rumah Dan 30% berencana lebih sering berbelanja online

Bagaimana  seharusnya konsumen menyikapi kondisi saat ini, serta bagaimana respons pelaku bisnis khususnya industri keuangan dan digital merespon tren tersebut, dalam rangka mendorong terciptanya konsumen cerdas yang tetap berkontribusi bagi roda perekonomian negara. Sebagai platform kredit digital Kredivo melihat beraktivitas dapat dimaksimalkan menjaga produktivitas dan menggerakkan roda perekonomian asal diimbangi dengan edukasi.

Selama masa pandemi COVID-19, konsumen semakin terdorong berbelanja online dan menggunakan fintech agar bertransaksi cashless untuk menerapkan physical distancing. Tren pergeseran perilaku konsumen inilah menjadi kesempatan pelaku industri semakin mengedukasi masyarakat. “Kami melihat literasi keuangan semakin berperan penting di tengah kondis. Ini pondasi bagi terwujudnya generasi melek keuangan dan terlebih menjelang bulan Ramadhan, kebutuhan masyarakat akan semakin meningkat,” jelas Direktur Kredivo, Anita Wijanto, Kamis (17/4).

Pelaku industri yang memiliki layanan berbasis digital harus tetap memperhatikan perlindungan konsumen dan tidak memanfaatkan kondisi saat ini. Kredivo sebagai fintech lending terus melakukan beberapa penyesuaian dari sisi manajemen risiko guna menjaga keberlangsungan bisnis dan memastikan terpenuhinya hak serta kewajiban konsumen. “Kredivo menerapkan prinsip responsible lending agar konsumen lebih bijak memanfaatkan akses pinjaman, sesuai kemampuan finansial,” terang Anita.

Kredivo memaparkan tips menjadi konsumen cerdas di tengah kondisi pandemi.

  1. Pahami Cara Mengelola Cash Flow

Lebih banyak beraktivitas dari rumah bisa dimanfaatkan untuk berbenah pengelolaan keuangan pribadi. Keberadaan fintech sendiri dapat banyak membantu mengelola cash flow di kondisi saat ini, Konsumen juga harus mampu menetapkan batas persentase hutang maksimal dari total pendapatan bulanan dan mempertimbangkan tanggungan yang sudah ada sebelum mengambil pinjaman baru.

2. Tetap Susun Budget Bulanan Secara Normal

Beraktivitas dari rumah bukan berarti budget bulanan membengkak. Pengeluaran yang rutin dikeluarkan untuk kegiatan di luar rumah (seperti ongkos transportasi, hangout bersama teman, hingga biaya travelling), dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan dasar yang menunjang produktivitas selama beraktivitas di rumah seperti kebutuhan pokok dan kuota internet/ WIFI.

3. Pilih fintech legal

Pastikan fintech yang digunakan sudah terdaftar dan diawasi OJK. Konsumen juga harus memahami pilihan tenor, tanggal jatuh tempo, jumlah pinjaman pokok dan bunga yang dikenakan, serta mempelajari hak dan kewajiban pengguna.

4. Gunakan fitur PayLater bila menunda pembayaran

Ketika ingin menggunakan layanan PayLater, perhatikan dan cari bunga yang cukup rasional serta terjangkau. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER