Saat Ramadan, Ini Fitur Baru Tokopedia Bagi Pembeli dan Penjual

FinTechnesia.com | Tokopedia saat ini memiliki lebih dari 7,8 juta penjual. Dan lebih dari setengahnya mengelola bisnis lewat aplikasi. Para pebisnis lokal ini memasarkan lebih dari 250 juta produk kepada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia.

Di tengah pandemi corona, Tokopedia berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah. Terutama selama Ramadan. AVP of Product Tokopedia, Priscilla Anais, mengungkapkan, bulan Ramadan biasanya dibarengi lonjakan transaksi. Terlebih di tengah pandemi, belanja online menjadi alternatif meminimalisir penyebaran virus di tempat ramai. “Kami menciptakan sederet inovasi menunjang produktivitas para penjual. Kami juga menghadirkan pengalaman konten baru untuk para pembeli lewat Tokopedia Play and kemudahan berbelanja lewat fitur Beli Langsung,” terang Priscilla, Senin (27/4).

Menjaga kelangsungan bisnis penjual dan mendorong pemulihan ekonomi, Tokopedia menambah fitur pada aplikasi khusus penjual. Fitur quick reply chat sudah tersedia dan memungkinkan penjual membalas pesan dari pembeli lewat notifikasi tanpa harus membuka aplikasi. Ada juga weekly summary sales and order, yang memudahkan penjual melihat ringkasan penjualan, performa toko, pesanan, serta kendala transaksi.

Selain itu pada homepage toko, para penjual bisa memanfaatkan berbagai tampilan toko agar terlihat lebih menarik bagi pembeli. Para penjual juga dapat menampilkan kampanye, produk-produk unggulan, serta promo pada homepage yang dipersonalisasi.

Sedangkan pembeli sekarang bisa menikmati pengalaman berbelanja langsung atau live shopping lebih mulus. Inovasi di Tokopedia Play ini membuat pembeli berinteraksi dengan para kreator konten. Juga langsung membeli produk yang dibutuhkan saat mengikuti live streaming.

Tokopedia juga menghadirkan fitur Beli Langsung yang mempermudah dan mempercepat proses berbelanja. Dengan fitur Beli Langsung, pengguna dapat menyelesaikan transaksi hanya dengan satu klik. Metode pembayaran dan pengiriman di sisi lain dapat secara otomatis direkomendasikan sesuai preferensi atau kebiasaan masing-masing pembeli. (eko)