Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:25 WIB

Likuid Projects Galang Dana Pembuatan Game Lokal

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechesia.com | PT Likuid Jaya Inovasi (Likuid Projects) mengumumkan proyek terbarunya dari Touchten Games. Yakni proyek game developer tanah air yang mempersiapkan permainan terbaru bernama Capsa Susun yang merupakan permainan kartu klasik. Game ini serentak dirilis di Indonesia dan Vietnam pada 31 Mei 2020 di aplikasi social gaming , HAGO.

Likuid Projects merupakan perusahaan teknologi finansial (tekfin) penyelenggara inovasi keuangan digital project financing (pembiayaan proyek). Fokus untuk mendukung industri kreatif dan gaya hidup.

CEO dan Founder PT Likuid Projects, Kenneth Tali menyatakan, project financing untuk Touchten Games dibuka kepada publik untuk pertama kalinya di Indonesia. Menurutnya, pengembang game tanah air masih mengandalkan modal bootstrapping atau institusi saja. “Melalui Likuid Projects, masyarakat dapat menikmati pengalaman berkolaborasi pada project financing di proyek game tanah air,” ujar Kenneth, Senin (18/5).

Saat ini game klasik punya magnet tersendiri di tengah maraknya game bergenre battle royale atau game kompleks. permainan ludo yang dulu biasa dimainkan dengan board. Sekarang bertransformasi dalam format mobile game.  

Local interest yang sudah terbentuk serta motivasi nostalgia menjadi potensi bagi para developer lokal memasarkan game klasik ke masyarakat. “Indonesia negara besar dengan 100 juta gamers Potensi engembangkan game tradisional yang dikombinasikan dengan teknologi menjadi pasar yang sangat menarik.” ujar Kenneth.

Touchten adalah salah satu game developer Indonesia yang mampu menembus pasar global. Game-game dari Touchten Games sudah eksis di Eropa, Amerika Serikat, dan Vietnam.

CEO Touchten Rokimas Soeharyo mengungkapkan permainan kartu Capsa Susun ini sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia dan Vietnam, Malaysia, serta  Singapura. “Kami yakin untuk mengajak publik berkolaborasi di proyek ini dan mewujudkan mobile game asli buatan anak Indonesia,” ujar Rokimas.

Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mencatat peningkatan 15%-20% traffic internet di masa pandemi Corona. Asosiasi Gim Indonesia (AGI) mencatat lalu lintas industri gim di Indonesia mengalami pertumbuhan 10%-20% dalam dua bulan terakhir.

Likuid Projects membuka kuota pembiayaan untuk kolaborator senilai total Rp 780 juta. Kampanye pembiayaan akan dibuka dalam waktu 60 hari atau dua bulan di platform Likuid Projects. Apabila dana yang ditargetkan tidak terkumpul, Likuid Projects akan mengembalikan 100% dana yang sudah masuk kepada kolaborator. 

Adapun sumber revenue  bagi kolaborator adalah 30% pendapatan Touchten dari in-app purchase dan pemasangan iklan. Porsi ini kemudian setara dengan 15% imbal hasil pembiayaan per tahun. Kolaborator berhak mendapatkan revenue selama hingga satu tahun ke depan setelah kampanye pembiayaan ditutup, dengan periode pembagian revenue setiap tiga bulan sekali. (eko)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER