Minggu, 19 Mei 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata Perkenalkan Aplikasi Laut Nusantara ke Nelayan Banten

BACA JUGA




Aplikasi Laut Nusantara memberikan data-data akurat mengenai berbagai kebutuhan nelayan selama melaut. Trmasuk lokasi keberadaan ikan, data cuaca terkait kecepatan angin dan kondisi gelombang, perhitungan BBM, hingga fitur untuk panggilan darurat. Selain itu, aplikasi ini menyediakan fitur perbincangan yang bisa nelayan manfaatkan untuk mendapatkan informasi mengenai harga ikan tangkapan di pasar.

Masyarakat nelayan juga diberikan pelatihan kewirausahaan agar meningkatkan perekonomian mereka. Kementerian Kelautan dan Perikanan mendirikan Gerai Pendanaan Nelayan. Melalui gerai ini, diharapkan nelayan dapat memiliki wawasan yang luas mengenai akses permodalan, melalui lembaga keuangan, ehingga dapat meningkatkan kapasitas usaha mereka.

Program Pemberdayaan Nelayan di Kabupaten Serang juga menyasar kepada keluarga nelayan, melalui pengembangan dan diversifikasi usaha. Para istri nelayan diberikan pelatihan pengolahan ikan dan rumput laut hingga ke tahap pemasaran, guna meningkatkan nilai tambah hasil perikanan bagi nelayan dan keluarganya.

Pelatihan ini, diharapkan dapat menumbuhkan mata pencaharian alternatif bagi keluarga nelayan. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga nelayan serta mengurangi ketergantungan terhadap hasil laut suaminya ketika musim paceklik.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER