Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

OCTO Clicks Menjaga Kesehatan Keuangan melalui Personal Financial Management

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Kemampuan mengelola keuangan menjadi semakin penting di tengah situasi perekonomian menantang akibat pandemi COVID-19. Dengan kemajuan teknologi, setiap orang bisa mengelola keuangan mereka didukung berbagai layanan berbasis digital.

Salah satu layanan tersebut adalah OCTO Clicks, internet banking dari Bank CIMB Niaga yang dirancang untuk melayani nasabah dengan kebutuhan transaksi keuangan yang lebih kompleks. Mengusung fungsi personal financial management (PFM), OCTO Clicks bisa membantu nasabah menjaga kesehatan keuangan dengan memanfaatkan tiga fitur utama: My Assets, My Cashflow, dan My Goals.

Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga, Bambang Karsono Adi mengatakan, ketiga fitur tersebut memberikan gambaran yang lengkap mengenai kondisi keuangan nasabah. “Dengan informasi yang akurat berdasarkan histori keuangan yang tercatat di CIMB Niaga enam bulan terakhir, nasabah dapat menggunakannya sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan finansial yang tepat,” kata Bambang di Jakarta, Jumat (18/9).

Fitur My Assets menyajikan data ringkasan portfolio aset nasabah di CIMB Niaga. Seperti rekening tabungan/koran, deposito berjangka dan investasi. Dari informasi tersebut, nasabah dapat menganalisa perkembangan jumlah aset dalam enam bulan terakhir.

Melalui fitur My Cashflow, OCTO Clicks memberikan kemudahan kepada nasabah memonitor pemasukan dan pengeluaran. Selain memperlihatkan transaksi pemasukan, fitur ini juga dapat melacak seluruh rincian transaksi pengeluaran. Mulai transfer, pembelian isi ulang dan pembayaran tagihan, penarikan tunai, dan transaksi lain. Dengan rincian transaksi yang lengkap, nasabah bisa mengevaluasi pos-pos pengeluaran tersebut.

Melalui fitur ini, nasabah juga bisa mengatur jumlah anggaran bulanan melalui menu ‘Buat Anggaran’. “Setelah ditetapkan, perbandingan antara anggaran dan total pengeluaran akan terlihat di dashboard. Harapannya, pengeluaran bulanan menjadi bisa lebih terkontrol,” ujar Bambang.

Setelah mengetahui posisi keuangan, baik aset, pemasukan, maupun pengeluaran, nasabah bisa membuat rencana untuk mencapai target finansial melalui fitur My Goals.

Apabila rekening tabungan yang menjadi pilihan sudah dibuat, nasabah bisa mengisi jumlah dana untuk mencapai target tersebut dan menetapkan waktu pencapaiannya. Selanjutnya agar target tersebut dapat diraih sesuai jadwal, nasabah dapat mulai menabung secara rutin. Menariknya, fitur ini akan menampilkan persentase yang mencerminkan perkembangan dari pencapaian target finansial yang telah ditetapkan.

Fitur-fitur PFM bisa diakses dengan mudah oleh nasabah, karena berada di halaman utama OCTO Clicks setelah nasabah login. Tampilan dashboard dari ketiga fitur tersebut juga dapat dipersonalisasi oleh nasabah. Sehingga semakin menarik sesuai pilihan masing-masing. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER