Berinvestasi Sukuk Tabungan Ritel ST007 Bisa Lewat OCTO Mobile

FinTechnesia.com | Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel menjadi pilihan investasi menarik bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Pokok dan kuponnya dijamin penuh oleh negara. Salah satu produk investasi syariah yang kini ditawarkan pemerintah melalui mitra distribusi kepada investor individu yaitu Green Sukuk Ritel – Sukuk Negara Tabungan Seri ST007.

Sebagai salah satu mitra distribusi Bank CIMB Niaga mengoptimalkan kanal pemasaran secara online. Salah satunya melalui digital banking OCTO Mobile. CIMB Niaga memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membeli ST007 selama masa penawaran, yakni mulai 4 November hingga 25 November 2020.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Lani Darmawan mengatakan, kemudahan tersebut diharapkan memperluas akses dan meningkatkan minat masyarakat dalam berinvestasi, khususnya pada ST007. Hal ini wujud dukungan CIMB Niaga terhadap keuangan inklusif agar semakin banyak masyarakat yang melek investasi.

“Melalui OCTO Mobile yang dirancang layaknya Super App, nasabah bisa lebih mudah mengelola dana secara produktif di tengah kondisi yang masih menantang saat ini dengan fitur investasi yang lengkap, salah satunya ST007. Cukup dari ponsel di genggaman tangan, nasabah sudah bisa membeli dan menikmati keuntungan dari produk investasi tersebut,” terang Lani, Selasa (10/11).

ST007 menawarkan imbal hasil atau kupo 5,5% per tahun dengan sistem floating with floor atau mengambang dengan nilai minimum. Investor berpotensi mendapatkan tingkat imbalan lebih tinggi apabila nilai acuannya naik, namun tidak akan turun dari batas minimum (floor) yang sudah ditetapkan. Kupon akan dibayarkan tanggal 10 setiap bulan hingga jatuh tempo pada 10 November 2022.

Masyarakat dapat membeli ST007 dengan minimum pemesanan Rp 1 juta dan maksimum hingga Rp3 miliar. Penetapan hasil penjualan 30 November 2020 dan settlement 2 Desember 2020. Investor akan menerima pembayaran kupon pertama pada 10 Januari 2021.

Berbeda dengan sukuk lain, ST007 tidak dapat diperdagangkan (non-tradeable) di pasar sekunder. Juga tidak dapat dicairkan sampai dengan jatuh tempo kecuali pada periode early redemption. (eko)