Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Karyawan XL Axiata Wakafkan Pembangkit Listrik dan Mesjid

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Karyawan XL Axiata melalui Majlis Ta’lim (MTXL) merampungkan pembangunan sebuah Balai Energi atau pembangkit listrik di Sanggau, Kalimantan Barat. Group Head XL Axiata Regional Jabodetabek & Kalimantan, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, wakaf balai energi listrik di pelosok Kalbar ini salah satu program sosial karyawan XL Axiata.

Pembangkit listrik ini memanfaatkan tenaga matahari. Daya listrik yang dihasilkan sekitar 30.000 watt per hari, kemudian dialirkan ke rumah-rumah warga. “Pembangunan rampung kurang lebih dua bulan yang dimulai pada pertengahan Oktober 2020 lalu,” ujar Francky, Ahad (27/12).

Balai energi tersebut berlokasi di Dusun Sebongkup, Desa Nanga Biang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Di dusun ini tinggal 144 KK dengan sekitar 600 jiwa.

Pada pembangunan balai energi ini, MTXL bekerjasama dengan Yayasan Wakaf Energi Nusantara. Alokasi dana pembangunan balai energi ini hampir mencapai Rp 500 juta yang  berasal dari donasi karyawan, wakaf manajemen, dan donasi pelanggan melalui program SMS Donasi.

Di Magetan, Jawa Timur, MTXL juga menginisiasi pembangunan Masjid Sadiah binti Hadad Gandadiwirja yang berlokasi di Dusun Claket, Desa Bulugunung, Kecamatan Plaosan. Peletakan batu pertama proyek pembangunan wakaf masjid ini pada pertengan Desember lalu, dan diharapkan akan rampung sekitar bulan Mei 2021. Sebagai pelaksana pembangunan adalah Yayasan Rumah Zakat Indonesia

Pembangunan wakaf masjid ini membutuhkan dana sekitar Rp 1,2 miliar. Dananya  dari wakaf manajemen, karyawan dan pelanggan XL Axiata serta program tanggungjawab sosial perusahaan XL Axiata. Masjid ini nanti akan dibangun 2 lantai dan memiliki luas 240 meter persegi, yang bisa menampung 120 jemaah.

Selain bangunan untuk sholat berjamaah, juga ada beberapa ruangan untuk pengurus masjid, tempat serba guna untuk melaksanakan aktivitas sosial seperti mengaji dan pertemuan. Luas lahan tempat berdiri masjid ini sebesar 500 meter persegi. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER