Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Targetkan Pertumbuhan Dua Digit di Kantor Cabang Luar Negeri, BNI Kembangkan Bisnis Internasional

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank BNI merupakan bank BUMN yang memiliki jaringan Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) terbanyak di tanah air. Saat ini, bank berlogo angka 46 itu memiliki enam KCLN.

Yaitu KCLN Singapura, Hong Kong, Tokyo, Seoul, London dan New York. Serta satu sub-branch di Osaka di Jepang, dua remittance Centre di Singapura dan satu anak usaha remittance di Hong Kong. 

Direktur Treasury dan International BNI, Henry Panjaitan mengatakan, sepuluh tahun terakhir model bisnis internasional di BNI mengalami transformasi. Sebanyak 90% aset kredit KCLN adalah bisnis Indonesian-related. Baik itu perusahaan Indonesia yang go international maupun supplier dan buyer dari perusahaan top tier yang ada di Indonesia.

Upaya transformasi ini telah membuahkan hasil positif. Pendapatan dari bisnis internasional BNI tumbuh sebesar 26,8% di tahun 2020.

KCLN sebagai salah satu kontributor utama perbankan internasional BNI juga mencatatkan pertumbuhan laba sebesar 67,5%. Berasal dari pertumbuhan bunga bersih (NII) yang tumbuh sebesar 61,6% dan pendapatan non bunga )ll sebesar 49,7%.

“Kami tetap menargetkan KCLN dapat tumbuh dua digit di tahun 2021 dengan memanfaatkan momentum pertumbuhan ekonomi emerging market dan tren suku bunga rendah yang masih akan berlanjut tahun ini,” terangnya, Senin (12/4).

Pandemi Covid-19 mendorong terjadinya peningkatan transaksi perbankan internasional secara digital. BNI telah memiliki aplikasi trade yang memungkinkan nasabah bertransaksi tanpa perlu datang ke kantor BNI, yaitu aplikasi BNI Trade Online.

Dalam transaksi remittance, BNI juga telah meluaskan layanan digital ke KCLN di tahun 2018 dengan diluncurkannya BNI Mobile Remittance (BNI More) di KCLN Singapore yang selanjutnya diikuti oleh KCLN Hong Kong dan KCLN Seoul melalui kerja sama dengan beberapa perusahaan fintech serta peluncuran OTR Mobile Remittance pada tahun 2019.

Teansaksi kiriman uang ke luar negeri dapat dilakukan melalui menu yang ada di BNI Mobile Banking. Layanan kiriman uang ke luar negeri melalui mobile banking tersebut merupakan yang pertama di antara bank-bank Indonesia. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER