Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan di Malaysia Bisa ke Jaringan Bank Mandiri

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Mandiri menyiapkan channel pembayaran BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) bagi pekerja migran Indonesia (PMI) di Malaysia. Channel itu melalui Mandiri International Remittance (MIR)

Pembayaran iuran BPJAMSOSTEK akan semakin cepat. Pekerja migran hanya perlu melakukan registrasi pada aplikasi mobile BPJAMSOSTEK untuk mendapatkan kode pembayaran. Lalu datang ke salah satu cabang MIR di Malaysia untuk melakukan pembayaran iuran BPJAMSOSTEK.

Hal ini berbeda dengan mekanisme sebelumnya dengan bank lokal. Membutuhkan dokumen kependudukan dan waktu yang lebih lama.

Kerjasama ini mendukung program pemerintah melindungi pekerja migran. “Hal ini dapat mengakselerasi ekspansi bisnis Bank Mandiri dan Mandiri International Remittance. Terutama dalam menangani pembayaran program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT) BPJAMSOSTEK di Luar Negeri,” ungkap Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi, Kamis (27/5).

Direktur Utama BPJAMSOSTEK, Anggoro Eko Cahyo menjelaskan, dengan tertib membayar iuran, pekerja migran mendapat perlindungan JKK dan JKM. Mulai persiapan dan pelatihan kerja di Indonesia, saat bekerja di negara penempatan, hingga kembali ke kampung halaman. Dengan iuran Rp 370.000.

Dari sekitar 800.000 pekerja migran yang terdata bekerja di Malaysia, baru 10% peserta aktif. “Asumsinya banyak peserta habis masa berlaku perlindungan mereka kesulitan memperpanjang karena tidak ada kanal pembayaran iuran,” tutur Anggoro.

Sedangkan Direktur Treasury danInternational Banking Bank Mandiri, Panji Irawan menambahkan, perluasan kanal bayar ini sangat tepat. Malaysia merupakan salah satu negara dengan jumlah pekerja migran terbesar dan saat ini Bank Mandiri menjadi satu-satunya bank nasional yang membuka akses pembayaran BPJAMSOSTEK di Malaysia melalui 14 cabang yang dimiliki oleh MIR di Malaysia.

“Bank Mandiri merupakan mitra BPJAMSOSTEK. Dan selama tahun 2020, Bank Mandiri melayani sekitar 9 juta transaksi BPJAMSOSTEK dengan nominal Rp 56 trilliun” jelas Panji. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER