BRI Ventures Resmi Kucurkan Pendanaan ke Grab

FinTechnesia.com | Modal ventura terus mencari perusahaan untuk mereka investasikan. Terbaru resmi BRI Ventures menjadi salah satu investor strategis Grab.

BRI Ventures adalah perusahaan modal ventura milik Bank Rakyat Indonesia (BRI). Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures menjelaskan, pihaknya melihat, Grab membuka jalan bagi startup dan UMKM untuk lebih maju.
Selain itu, sejalan dengan tujuan BRI Ventures mempercepat inklusi keuangan dan ekonomi digital Indonesia melalui pemberdayaan ekosistem startup.

Kolaborasi ekosistem UMKM Grab dan jangkauan Bank BRI yang luas di membantu percepatan pengembangkan ekonomi digital di Tanah Air. “Terlihat dari sinergi selama ini, membuahkan hasil yang luar biasa,” kata Nicko,

“Kami melihat mereka sebagai mitra penting dalam misi kami untuk melayani Indonesia,” timpal Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia.

Pada Mei 2020, Grab dan Bank BRI meluncurkan fasilitas pinjaman bunga rendah untuk merchant GrabFood dan Agen GrabKios, serta mitra pengemudi Grab. Mitra pengemudi mendapatkan akses pinjaman BRI hingga Rp 5 juta (US$ 345). Serta mendapatkan manfaat dari asuransi kecelakaan diri.

Grab dan Bank BRI juga menyalurkan pinjaman modal kerja kredit usaha rakyat (KUR) hingga Rp 50 juta (US$ 3.447) dengan bunga 6% kepada merchant GrabFood dan agen GrabKios. Pinjaman KUR bagian program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Tujuannya memastikan kelangsungan bisnis dan mendukung penyerapan tenaga kerja selama pandemi. Sekaligus memberdayakan sebagian besar UMKM yang tidak memiliki rekening bank. (yof)