Layanan Finansial Baru Gigacover dan Peningkatan Bisnis

FinTechnesia.com| Gigacover, mengumumkan layanan finansial baru untuk pelanggan di Asia Tenggara. Termasuk layanan earning advances dan pinjaman produktif. 

Produk ini melengkapi layanan perlindungan kesehatan yang sudah ada sebelumnya. Penyedia layanan financial technology (fintech) yang berfokus pada pekerja independen (gig economy), telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan. Seperti Gojek, Foodpanda dan Gogox di Singapura. Dan baru saja menambah Lalamove serta AXA Financial Agent di Indonesi.

Berdasarkan data World Bank 2019, tenaga kerja independen Asia Tenggara tumbuh sebesar 30% secara tahunan. Jumlah itu semakin meningkat pada tahun 2020 selama pandemi. 

Google dan Temasek juga mengestimasikan ada sekitar 150 juta individu pekerja independen di kawasan tersebut. Sebanyak separuh di antaranya mengalami kesulitan akses ke berbagai layanan finansial dan tidak memiliki perlindungan kerja yang memadai. 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan ada 33,34 juta orang di Indonesia yang bekerja sebagai pekerja paruh waktu atau pekerja lepas per Agustus 2020. Angka itu naik 4,32 juta orang atau 26% pada tahun itu.