Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tumbuh 96% di Sulawesi, Amartha Gandeng Bank Sulselbar Salurkan Kredit UMKM

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Penyaluran permodalan Amartha di wilayah Sulawesi. Hingga Oktober 2021, perusahaan financial technology (fintech) peer-to-peer lending menyalurkan pendanaan Rp 450 miliar. Meningkat 96% dibandingkan penyaluran sepanjang tahun 2020 yakni sebesar 230 miliar rupiah.

Selama beroperasi di Sulawesi sejak tahun 2019, Amartha telah menjangkau lebih dari 100.000 mitra perempuan pengusaha mikro. Tersebar di 2.156 desa di Sulawesi, mulai dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. 

Hingga saat ini, Amartha mengelola 79 poin operasional di wilayah Sulawesi. Didukung oleh lebih dari 400 tenaga lapangan.

Chief Risk & Sustainability OfficerAmartha, Aria Widyanto memaparkan, di awal tahun 2021 lalu, Amartha menargetkan pertumbuhan sebesar 40% untuk wilayah Sulawesi. Hingga Oktober ini, tercatat sudah tumbuh 96%, sudah melampaui target. 

Penyaluran pendanaan ke luar pulau Jawa mendominasi di Amartha. Yakni mencapai 65% dari total penyaluran. “Ini sejalan peraturan OJK yang mengimbau pelaku fintech untuk turut mendongkrak ekonomi di luar Jawa melalui akses permodalan,” kata Aria, Jumat (12/11)

Angka outstanding loan wilayah Sulawesi juga meningkat. Yakni sebesar Rp 303 miliar di tahun 2021. Lebih tinggi 146% dari jumlah outstanding loan 2020 yakni Rp 123 miliar. Sebagian besar penyaluran dimanfaatkan para mitra Amartha untuk menggarap sektor perdagangan skala mikro.

Dian Handayani, Head of Micro Business Amartha wilayah Sulawesi menyampaikan, tntangan terbesar yang dihadapi oleh Amartha dalam mengembangkan potensi UMKM di Sulawesi adalah terbatasnya literasi digital para mitra. Bahkan untuk smartphone, tidak semua mitra memilikinya. 

“Oleh sebab itu, peranan tenaga lapangan sangat krusial. Merekalah yang memperkenalkan literasi digital ke mitra Amartha agar mitra terbuka pada inovasi,” kata Dian.

Salah satu strategi Amartha untuk mempercepat penyaluran permodalan bagi UMKM adalah dengan menjalin kemitraan dengan pihak perbankan. 

Di Sulawesi, Amartha berkolaborasi dengan Bank Sulselbar. Menyediakan akses permodalan bagi perempuan pengusaha mikro wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. 


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER