Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

TreeDots Raih Pendanaan Seri A Senilai US$ 11 Juta dari East Ventures dan Amasia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | TreeDots, ekosistem rantai pasok makanan terintegrasi secara vertikal sukses menutup penggalangan dana Seri A bernilai US$ 11 juta. Putaran kali ini dipimpin oleh East Ventures (Growth fund) dan Amasia.

Beberapa investor lain juga bergabung. Yakni ACTIVE Fund, Seeds Capital, penulis Nir Eyal dan aktris Fiona Xie.

TreeDots dimulai sebagai marketplace makanan surplus untuk perusahaan. Kini juga melayani konsumen melalui platform social commerce.

TreeDots mengawali operasi mereka di Singapura. Berekspansi ke Malaysia tahun lalu, dan menargetkan ekspansi regional lebih luas di masa yang akan datang.

Secara global, sepertiga dari semua makanan yang diproduksi untuk dikonsumsi terbuang sia-sia. Di Asia, sebagian besar masalah tersebut akibat rantai pasok yang tidak efisien.

“Hal tersebut mendorong kami untuk memulai marketplace makanan surplus untuk mencocokkan pasokan dan permintaan produk-produk tersebut,” kata Tylor Jong, Co-Founder dan CEO TreeDots, pekan lalu.

Meskipun sebagian besar pembeli terdiri dari waralaba F&B, TreeDots menemukan segmen konsumen yang tengah berkembang dan memahami proposisi nilai tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, TreeDots juga meluncurkan platform social commerce.

Sehingga memungkinkan konsumen membeli produk yang sama dengan harga diskon yang besar. Dengan model pembelian kelompok, TreeDots mengirimkan beberapa pesanan sekaligus ke satu alamat. Dan para pembeli dalam grup bisa mengambil barang pesanan masing-masing dari alamat tersebut.

Makanan yang terbuang sudah menjadi sebuah masalah bernilai triliunan dolar AS. Kini pemasok mulai menggunakan sistem TreeDots untuk seluruh pendapatan mereka. Bukan hanya produk sisa makanan.

“Jika salah satu truk mereka dapat menjalankan satu pengiriman ke suatu daerah, TreeDots dapat melakukan lima pengiriman pada perjalanan yang sama dengan bekerja bersama seluruh kelompok pemasok. Kepadatan jaringan yang telah meningkat memungkinkan penurunan biaya logistik dan tingkat emisi,” kata Roderick Purwana, Managing Partner di East Ventures.

Nilai gross merchandise value (GMV) TreeDots telah tumbuh lebih dari empat kali dari tahun ke tahun. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER