Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkomsel Dirikan Anak Usaha Baru Berbentuk Holding, Ini Fokus Bisnisnya

BACA JUGA




Mendorong pengembangan di gelombang pertama, PT Telkomsel Ekosistem Digital akan fokus pada tiga sektor industri digital. Yakni edu-tech, health-tech dan gaming

Ketiga lini bisnis tersebut dinilai memiliki potensi besar mendorong perekonomian digital nasional. Dan menjadi bagian dari emerging portofolio bisnis digital Telkomsel. Dan ke depan memiliki potensi untuk scale-up.

Dalam waktu dekam Telkomsel juga berencana akan melakukan pemekaran usaha melalui pemisahan keseluruhan bisnis aplikasi Kuncie dan Fita agar dialihkan kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital. Sehingga memperkuat penetrasi bisnis vertikal, masing-masing di sektor edu-tech dan health-tech

Sedangkan untuk sektor gaming, Telkomsel juga telah mengalihkan kontrak usaha patungan kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital untuk mendirikan perusahaan joint venture (JV) yang memiliki fokus bisnis sebagai perusahaan penerbit (publishergaming

Sehingga meningkatkan kompetensi dan kapabilitas di vertikal bisnis Telkomsel di industri games.

Hendri menambahkan, Indonesia kini telah menjadi salah satu negara dengan penetrasi ekonomi digital yang terus tumbuh positif setiap tahun. Transaksi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai US$ 124 miliar pada tahun 2025. 

Mengutip studi yang dilakukan Google, Temasek, dan Bain & Co., sekitar 41,9% dari total transaksi ekonomi digital Asia Tenggara berasal dari Indonesia. Nilai ekonomi digital Indonesia sendiri pada 2020 telah mencapai US$ 44 miliar. 

Tumbuh 11% dibandingkan 2019. Dan memiliki kontribusi sebesar 9,5% terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia.

Hingga kuartal ketiga 2021, Telkomsel mencatatkan pertumbuhan pendapatan daribisnis digital sebesar 6% year on year. Berkontribusi pada pendapatan perusahaan, yang kini telah mencapai lebih dari 77,5% dari total pendapatan perusahaan.

“Kami berharap, PT Telkomsel Ekosistem Digital dapat menjalankan peran memperkuat Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler. Melalui optimalisasi kapabilitas ekosistem layanan digital yang dimiliki, guna mewujudkan visi Indonesia menjadi salah satu negara ekonomi digital terbesar di dunia,” tutup Hendri. (nau)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER