Sabtu, 27 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Sinergi dengan Bank Banten, Menuju Kemandirian Ekonomi 4.579 Pesantren di Banten

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten, melaksanakan Rapat Kerja (Raker) ke-III. Lokasi perhelatan Raker III FSPP Banten yakni di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Mizan 1 Putra, Rangkasbitung, Lebak, Banten.

Hadir pada Raker III FSPP Banten tersebut, Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin. Ia menuturkan, pondok pesantren memiliki potensi yang sangat besar di Banten. Saat ini Provinsi Banten memiliki 4.579 pondok pesantren dan lebih dari 193 ribu orang santri yang tersebar di seluruh Banten.

Pondok Pesantren memiliki potensi yang sangat besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kami di Bank Banten siap mendukung berbagai inisiatif para santri khususnya di lima sektor. Yakni agrikultur, teknologi, maritim, digital dan kreatif. Melalui sinergi ini, diharapkan dapat membantu hadirnya santri berwawasan entrepreneur (santripreneur) yang berfokus pada lima pilar tersebut,” tutur Agus.

Baca juga: Kembangkan Ekosistem Keuangan Daerah, Bank Banten Gandeng Pesantren

Agus juga memaparkan pentingnya peran pesantren dalam Ekosistem Ekonomi Daerah Banten kedepan. “Kami siap bermitra dengan seluruh pesantren untuk melakukan berbagai aksi strategis pesantren. Mulai dari capacity building di bidang kewirausahaan, mentoring, dukungan permodalan, pengelolaan pembayaran pesantren, dan berbagai hal lain,” lanjut Agus.

Sementara itu secara terpisah, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, 44%dari 34.652 pesantren di Indonesia memiliki potensi ekonomi. Artinya, sekitar 15.246 pesantren yang memiliki potensi menghasilkan ekonomi untuk lingkungan sekitar.

Potensi ekonomi yang dimaksud, antara lain potensi pengembangan koperasi UMKM dan ekonomi syariah, agribisnis, peternakan, perkebunan, serta vokasional. (yos)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER