Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

IESPA Menginduk PBESI, Esports Indonesia Akan Lebih Cerah

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Sebagai wadah yang menaungi seluruh kegiatan esports di Indonesia, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) yang didirikan pada tahun 2020 menjadikan ekosistem esports di Indonesia lebih baik dari sebelumnya.

Meski menghadapi tantangan luar biasa, dampak dari pandemi, PBESI berhasil memperluas kepengurusan ke seluruh Indonesia. Menyelenggarakan berbagai kompetisi dan eksibisi esports dalam berbagai skala, serta merampungkan regulasi mengenai pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan esports di tanah air.

Maka, Asosiasi Olahraga Elektronik Indonesia atau Indonesian Esports Association (IESPA) sebagai salah satu kontributor dalam perkembangan industri esports nasional, resmi menginduk ke PBESI. PBESI di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) selaku otoritas kegiatan olahraga di Indonesia.

Sebelumnya, esports merupakan bagian dari olahraga rekreasi dan masyarakat. Kini dengan adanya PBESI, esports diakui secara resmi oleh pemerintah sebagai olahraga prestasi. Hal tersebut menjadikan esports semakin inklusif dan tidak hanya untuk kalangan tertentu.

Pengindukan IESPA kepada PBESI ini juga menunjukkan keselarasan dan keharmonisan antara visi dan misi dari masing-masing lembaga dalam membina, membangun, dan mengembangkan ekosistem esports nasional secara keseluruhan. Baik dari segi rekreasi, kompetisi, maupun prestasi.

Bambang Sunarwibowo, Ketua Harian PB Esports Indonesia menyebutkan, pengindukan IESPA ke PBESI ini mengoptimalkan potensi esports di Indonesia.

“Kami berharap sinergi dan kolaborasi antara kedua lembaga ini dapat merealisasikan potensi olahraga esports di setiap wilayah Indonesia dengan lebih merata.” ujar Bambang, pekan lalu. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER