Minggu, 7 Agustus 2022 | 22:31 WIB

Serial Stranger Things Tayang, Penjahat Siber Gentayangan, Ini Tips dari Kaspersky

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Awal Juli, musim keempat dari salah satu seri paling ditunggu-tunggu, Stranger Things, telah dirilis. Meskipun jeda tiga tahun akibat pandemi, serial ini berhasil menduduki puncak tanggaa streaming.

Tapi, hati-hati. Peneliti Kaspersky menemukan banyak contoh email spam dan halaman phishing untuk mencuri uang dan informasi pribadi para penggemar ini.

Beberapa pelaku kejahatan siber telah memberikan penawaran kepada pengguna. Seperti tontonlah episode baru hanya dengan US$ 1.

Untuk mengakses penawaran ini, pengguna mendaftarkan akun baru dan memasukkan alamat dan detail bank mereka. Setelah memasukkan informasi, penipu kemudian menguras rekening korban. Tanpa memberikan akses menuju serial tersebut.

Pakar Kaspersky telah mendeteksi email spam yang juga menyalahgunakan popularitas Stranger Things. Email tersebut menjual produk dengan kualitas yang mencurigakan.

Menyebar melalui email promosi tanpa persetujuan penerima. Misalnya, di salah satu email spam, pengguna berkesempatan membeli kaos grafis edisi terbatas yang terkait dengan musim terbaru Stranger Things. Situs ini mendukung semua fitur bahasa dan mata uang untuk pembayaran.

Penggemar harus berhati-hati. Memilih menghemat uang untuk berlangganan layanan streaming dapat menyebabkan mereka kehilangan lebih banyak,” terang Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky, dalam rilis ke FinTechnesia, Jumat (22/7).

Untuk menghindari menjadi korban penipuan, Kaspersky merekomendasikan beberapa hal.

– -Hindari tautan yang menjanjikan penayangan awal film atau serial TV. Jika Anda ragu tentang keaslian konten, hubungi penyedia hiburan Anda

– Periksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi, Hanya gunakan halaman web resmi dan tepercaya untuk menonton atau mengunduh film. Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan

– Perhatikan ekstensi file yang Anda unduh. File video tidak akan pernah memiliki ekstensi .exe atau .msi

– Gunakan solusi keamanan yang andal. Seperti Kaspersky Security Cloud. Ini mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing. (ari)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER