Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Waste4Change Gandeng Radana Finance Tingkatkan Peran Edukasi Bank Sampah

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Waste4Change bersama Radana Finance menggelar recorder event webinar. Webinar bertajuk Waste4Change Talks: Dukung Keberlanjutan Bank Sampah Jakarta Selatan/.

Webinar ini diselenggarakan bertujuan untuk mengungkapkan program kolaborasi Radana Finance dan Waste4Change dalam hal mendukung keberlanjutan dan meningkatkan peran edukasi Bank Sampah di Area Jakarta Selatan.

Permasalahan sampah di Indonesia memang menjadi salah satu persoalan yang terus menjadi fokus perhatian pemerintah. Berdasarkan informasi dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan, di daerah Jakarta Selatan sendiri, sebanyak 1.400 ton sampah dapat diangkut setiap hari,

Sesuai dengan arahan KLHK agar pemerintah daerah dapat mendukung Target Indonesia Bersih Sampah 2025 melalui pengurangan sampah sebesar 30%,


Agar penyelenggaraan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab melalui bank sampah dapat terus berjalan maksimal, perlu dukungan bagi bank sampah salah satunya dalam aspek finansial. Radana Finance melihat terdapat dua sisi finansial dalam bank sampah yang harus diperhatikan.

Sebagai sebuah bisnis, bank sampah perlu memperhatikan aspek finansial dari sisi penyelenggaraan bank sampah serta aktivitas bank sampah. Bank sampah dirasa perlu memperhitungkan keuntungan dan manfaat bagi masyarakat. Juga sampah yang disetor harus bermanfaat juga secara ekonomi bagi mereka sehingga eksistensi untuk menabung di bank sampah terus berlanjut.

Baca juga: Waste4Change Gaet Pendanaan Seri A Senilai US$ 5 Juta  

Meilki Riyanto, Investor Relations Radana Finance menyampaikan, pengelolaan sampah bertanggung jawab di Indonesia, khususnya di Jakarta masih sangat minim. Ini bukan lagi jadi tanggung jawab pribadi melainkan seluruh masyarakat dan industri yang ada.

“Kami berharap inisiatif kami ini dapat mendukung peningkatan kapasitas kegiatan pada bank sampah dan dapat menjadi contoh bagi investor public lainnya untuk ikut menerapkan sustainability pada bisnis mereka,” katanya, Selasa (15/11).


Program Waste Bank Competition and Development telah berlangsung sejak Agustus 2022 dengan kegiatannya berupa capacity building bagi para peserta bank sampah dan juga kompetisi mengenai edukasi pengelolaan sampah.

Khairunnisa Yusmalina Humaam, Project Manager Waste Bank Competition Waste4Change berharap, kegiatan ini dapat membantu mendorong bank sampah untuk bangkit dan turut serta berkontribusi kembali. “D\engan pengetahuan dan semangat baru pastinya, mensukseskan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab di Indonesia,” katanya, (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER