Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Di 2022, Kaspersky Temukan 400.000 File Berbahaya Setiap Hari, Naik 5% Dibandingkan 2021 

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Sistem deteksi Kaspersky menemukan rata-rata 400.000 file berbahaya didistribusikan setiap hari di 2022. Bertumbuh 5% dibandingkan tahun 2021. 

Jumlah jenis ancaman tertentu juga meningkat. Pakar Kaspersky menemukan peningkatan 181% untuk proporsi ransomware yang terdeteksi setiap hari. 

Sebagai perbandingan, sekitar 380.000 file tersebut terdeteksi setiap hari pada tahun 2021. Ini menunjukkan peningkatan sebesar 5%. 

Secara total, sistem Kaspersky mendeteksi sekitar 122 juta file berbahaya pada tahun 2022. Sekitar enam juta lebih banyak dari tahun lalu.

Peneliti Kaspersky menemukan, pangsa ransomware setiap hari meningkat
sebesar 181% dibandingkan tahun 2021. Mencapai 9.500 file enkripsi per hari.

Di antara ancaman lain, solusi keamanan Kaspersky juga mendeteksi pertumbuhan 142% pangsa Downloaders. Ini adalah program berbahaya yang menginstal versi baru malware atau aplikasi yang tidak diinginkan pada perangkat yang terinfeksi.

Windows terus menjadi target utama. Pada tahun 2022, pakar Kaspersky menemukan rata-rata hampir 320.000 file berbahaya menyerang perangkat Windows. Dari semua penyebaran file berbahaya, 85% di antaranya menargetkan
Windows. 

Baca juga: Kaspersky Threat Data Feeds Terintegrasi dengan Microsoft Sentinel

Namun, Windows bukan satu-satunya platform yang populer bagi penyerang. Tahun ini, sistem deteksi Kaspersky juga menemukan bahwa pangsa file berbahaya dalam format Microsoft Office yang didistribusikan setiap hari tumbuh menjadi dua kali lipat (pertumbuhan 236%).

Pada tahun 2022, pakar Kaspersky juga mengidentifikasi peningkatan 10% dalam pangsa file berbahaya yang menargetkan platform Android setiap hari. Jadi, selain file Windows dan Office, pengguna Android juga menjadi salah satu target favorit para penyerang online. 

Kampanye tahun 2022, Harly dan Triada Trojan yang terkenal dan telah menyergap ribuan pengguna Android di seluruh dunia.

“Menjadi penjahat dunia Maya tidak pernah semudah ini sebelumnya. Pakar Kaspersky, pada gilirannya, akan melakukan yang terbaik untuk melindungi dari ancaman ini dan menyelamatkan pengguna dari kerugian sehingga pengalaman online sehari-hari mereka dapat benar-benar aman,” terang Vladimir Kuskov, Kepala Penelitian Anti Malware di Kaspersky. (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER