Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Ini Tips Mempersiapkan Kendaraan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Para pemilik kendaraan harus memperhatikan kondisi dan mempersiapkan kendaraan menghadapi mobilitas tinggi para libur akhir tahun, mulai dari bertemu keluarga,

DFSK memberikan panduan mengenai lima komponen yang bisa dicek secara mandiri di rumah agar kendaraan siap bekerja optimal pada akhir tahun.

  1. Oli Mesin
    Bagian pertama yang perlu di cek adalah bagian oli mesin. Oliah yang melumasi pergerakan komponen-komponen yang ada di dalam mesin. Apabila diabaikan, maka bisa saja oli sudah lama kondisi tidak baik, sudah semakin mengental, dan bahkan bisa merusak komponen mesin.
    Cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek odometer. Kendaraan-kendaraan DFSK umumnya melakukan pergantian oli setiap 10.000 kilometer.
    Selain itu, konsumen bisa melihat volume oli mesin melalui dipstick yang berada di area mesin dan ditandai gagang yang berwarna kuning. Apabila volume oli mesin berada di bawah batas minimum, pemilik kendaraan bisa menambahkan oli yang sama dengan yang digunakan saat itu.
  2. Aki dan Lampu
    Aki menjadi salah satu komponen penting bagi kelistrikan mobil karena sumber energi dari komponen satu ini. Apabila tidak dirawat, komponen ini bisa bermasalah dan membuat kelistrikan di kendaraan tidak berfungsi dengan baik.
    Cara melihat kondisi aki, bisa melihat dengan tanggal pembeliannya melalui label yang ditempel. Umumnya, untuk mobil-mobil yang rutin digunakan, aki memiliki umur 1-2 tahun pemakaian.

Selain itu, apabila menggunakan tipe aki basa bisa mengecek kondisi cairan aki. Apabila terlihat kurang maka bisa menambahkan cairan aki. Sementara pada aki kering, ada indikator warna yakni biru tandanya masih oke, putih butuh tambahan setrum, dan merah wajib ganti.

Setelah kondisi aki dinyatakan sudah optimal, maka pemilik kendaraan bisa melakukan pengecekan lampu-lampu dengan cara menghidupkannya. Pemilik kendaraan bisa menghidupkan lampu depan, lampu belakang, lampu kabin, hazard, hingga sein. Pastikan semua berfungsi dengan baik, dan apabila ada yang tidak berfungsi bisa di cek penyebabnya.

  1. Ban
    Ban menjadi satu-satunya komponen di kendaraan yang langsung menyentuh aspal. Beban kendaraan seluruhnya bertumpu kepada empat ban yang luas area yang menempel aspal tidak lebih dari ukuran kartu pos.

    Pemilik mobil bisa mengecek kondisi ketebalan ban melalui TWI (tread wear indicator) atau indikator keausan ban. Apabila sudah tipis, maka ldiganti dengan ban baru agar traksi ban dengan aspal kembali maksimal. Jangan lupakan juga mengecek tekanan angin di dalam ban kendaraan.

    Baca juga: Harga BBM Naik, Ini Tips dari DSFK Menghadapi Kenaikan Tersebut
  2. Cairan di Mobil
    Selain oli mesin, ada sejumlah cairan di dalam kendaraan yang harus diperiksa oleh pemilik kendaraan. Cairan yang bisa dicek adalah cairan radiator, minyak rem, dan washer atau cairan pembersih kaca depan kendaraan.
    Cairan radiator berfungsi berfungsi sebagai pendingin agar temperatur mesin stabil.
  3. Body
    Terakhir, pengemudi bisa mengecek kondisi body kendaraan untuk menunjang penampilan perjalanan libur akhir tahun. Apabila kendaraan dalam kondisi kotor dan banyak kotoran yang menempel, bisa segera dicuci agar bersih. Body yang kotor apabila didiamkan begitu saja bisa membuat korosi dan akhirnya menimbulkan kerusakan yang lebih parah.


“Seluruh bengkel DFSK memberikan layanan general check-up secara cuma-cuma untuk seluruh jenis kendaraan DFSK. Memastikan kondisinya bisa digunakan secara optimal, aman, dan nyaman selama perjalanan akhir tahun,” ungkap Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, pekan lalu. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER