Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dampak Perubahan Cuaca, Lion Air Group Mengutamakan Aspek Keselamatan dan Keamanan

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Lion Air Group menyatakan, dalam melayani penerbangan penumpang berjadwal (regular flight), sewa tertentu(charter flight) dan angkutan kargo, operasional tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan serta menurut protokol kesehatan.

Lion Air Group melaksanakan koordinasi dan komunikasi intensif berdasarkan standar operasional prosedur (SOP) bersama pihak terkait. Yakni regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara, BMKG dan lainnya. Termasuk antisipasi dampak dari cuaca yang kurang baik terhadap transportasi udara. 

“Setiap penerbangan Lion Air Group harus selalu memperhatikan faktor alam dan meteorologi BMKG yang menghasilkan data dan informasi detail, cepat, tepat dan akurat,” terang Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, pekan lalu.

Lion Air Group senantiasa melaksanakan pemantauan (monitor) perkembangan terkini dari cuaca dan menggunakan informasi cuaca untuk mengambil keputusan berdasarkan laporan serta pemberitahuan resmi.

Baca juga: Mudik Dilarang, Lion Air Group Operasikan Penerbangan Charter dan Rutin Lakukan Perawatan

Seluruh pilot Lion Air Group wajib menjalani pelatihan melalui pengujian dan penilaian ketat di simulator untuk mengoperasikan pesawat udara dengan berbagai skenario  termasuk cuaca kurang baik. Hal ini sebagai upaya mengedepankan operasional pada level aman dan selamat.

Fasilitas  pelatihan simulator sudah dioperasikan Lion Air Group yang berlokasi di Bandara Mas, Tangerang. Pelatihan Simulator Lion Air Group telah memiliki persetujuan resmi dari pemerintah Indonesia. Serta otoritas penerbangan internasional: Malaysia, Thailand, Singapura, Federal Aviation Administration (FAA) di Amerika Serikat) dan European Aviation Safety Agency (EASA) di Eropa.

Pada pesawat Lion Air Group, kinerja pilot didukung peralatan untuk deteksi cuaca, angin, awan dan lainnya tergolong canggih. Sehingga dapat memantau cuaca, suhu dan tekanan udara secara tepat serta pilot dapat memanfaatkan untuk kebutuhan komunikasi dan memutuskan cepat sesuai pedoman kerja pilot (manual book). (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER