Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Perluas Ekosistem Melalui Bullion Services, Pegadaian Gandeng Produsen Emas 

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Pegadaian menggandeng Asosiasi Produsen Perhiasan Indonesia (APPI). Keduanya membangun sinergi bisnis ekosistem emas di Indonesia. 

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian, Elvi Rofiqotul Hidayah mengatakan, kerjasama ini untuk mendukung perkembangan bisnis Pegadaian yang semakin dinamis dan kompetitif. Oleh karena itu, sinergi menjadi salah satu strategi mampu bertahan dan bersaing dalam industri jasa keuangan.

Menurutnya, di era disrupsi seperti saat ini, perusahaan yang mampu bertahan adalah perusahaan yang mau bersinergi dengan perusahaan lain. 

“Kerjasama dengan APPI merupakan langkah yang tepat bagi Pegadaian untuk mewujudkan ekosistem emas dan juga dalam mengembangkanbullion services,” jelas Elvi, Kamis (9/3). 

Baca juga: Tahun 2022 Laba Bersih Pegadaian Tumbuh 36,1% Menjadi Rp 3,29 Triliun

Adapun ruang lingkup dalam kerjasama ini antara lain kerjasama pemasaran produk, penyelenggaraan literasi dan sharing knowledge bidang ekosistem emas, serta untuk meningkatkan pengetahuan industri terhadap kegiatan usaha bullion services.

Sementara itu, Ketua APPI, Eddy Susanto Yahya berharap. dengan adanya bullion membantu industri perhiasan emas di Indonesia, mendorong terjadinya hilirisasi ekspor emas. Hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk menghentikan ekspor bahan mentah emas (granula). 

Sehingga Indonesia hanya akan melakukan ekspor emas berupa produk jadi perhiasan yang memiliki valueadded yang lebih tinggi dibandingkan granula seperti yang selama ini terjadi. 

“Dengan adanya Gold Metal Loan dengan bunga rendah akan mempermudah industri perhiasan emas dan toko emas meningkatkan kapasitas produksi mereka. Ini juga akan dapat membuka lebih banyak lapangan pekerjaan dari sektor industri bisnis emas itu sendiri,” jelas Eddy.

Indonesia memiliki faktor-faktor yang dibutuhkan untuk mendukung terciptanya Bullion services diantaranya. Seperti emiliki tambang terbesar dan merupakan salah satu produsen emas terbesar di dunia, toko emas yang sangat banyak, dankegemaran masyarakat Indonesia dalam investasi emas. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER