Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Viral Ada Asap Putih dan Suara Bising di Pesawat, Ini Penjelasan Resmi Batik Air

BACA JUGA




 

FinTechnesia.com | Viral di media sosial, pesawat Batik Air mengeluarkan asap putih dan menimbulkan suara bising. Terkait hal itu, Lion Air Group yang menaungi Batik Air angkat bicara.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro menyatakan, aliran udara yang menyerupai asap kabut putih terlihat di dalam kabin pesawat terutama pada Airbus 320 adalah hasil dari sistem ventilasi “air conditioning system“.

“Sistem ventilasi ini mulai beroperasi dan mulai menyalurkan udara segar dari luar ke dalam kabin pesawat,” terang Danang, Jumat (21/4).

Udara dari luar dapat berisi kelembapan yang lebih tinggi, terutama di daerah dengan kondisi cuaca yang lembap. Ketika udara masuk ke dalam kabin pesawat yang lebih dingin, suhunya menurun dan kelembaban naik. Sehingga udara ini menjadi lebih terlihat seperti kabut putih.

Aliran udara itu tidak berbahaya bagi kesehatan dan tidak memiliki dampak negatif pada keselamatan penerbangan. Sirkulasi udara ini merupakan tanda bahwa sistem ventilasi bekerja dengan baik dan menyediakan udara segar yang nyaman bagi penumpang selama penerbangan.

Sementara suara bising dan keras yang terdengar dari GTC (Ground Turbine Compressor) pada pesawat terutama ketika berada di dekat mesin pesawat atau di sekitar area penumpang karena adanya proses penghisapan dan proses peningkatan tekanan udara yang dilakukan oleh GTC.

Baca juga: Permintaan Melonjak, Lion Air Bagikan Cara Beli Tiket Pesawat yang Tepat Saat Musim Lebaran

GTC bekerja dengan cara memasok udara segar ke dalam kabin pesawat menggunakan turbin yang diputar berkecepatan tinggi.

“Proses ini mengeluarkan suara yang bising karena pergerakan turbin yang cepat menghasilkan suara frekuensi tinggi. GTC menggunakan komponen mekanis lainnya seperti compressor dan gearbox yang menghasilkan suara bising dan keras,” lanjut Danang.  

Meskipun terdengar bising dan keras, GTC dan mesin pesawat lain dirancang dan diuji secara ketat untuk memastikan bahwa suara yang dihasilkan tetap berada dalam batas aman. Serta tidak menyebabkan gangguan atau bahaya bagi penumpang atau awak pesawat.

Batik Air juga menyampaikan permintaan maaf atas keterlambatan keberangkatan penerbangan ID-6842 yang dijadwalkan mengudara pukul 19.00 WIB, Kamis (20/4), dengan pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-LUZ. Penerbangan ini akan membawa enam awak pesawat dan 134 tamu.

Pada saat pesawat akan diberangkatkan mengalami gangguan teknis dan membutuhkan waktu untuk pengecekan dan perbaikan. Setelah pilot berkoordinasi dengan teknisi, diputuskan pesawat tidak dapat diberangkatkan, keputusan ini untuk menyakinkan keselamatan dan kenyamanan penerbangan.

“Hal ini mutlak dilaksanakan oleh pilot dan sesuai berdasarkan standar operasi perusahaan,” terang Danang. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER