Jumat, 14 Juni 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ringkas Menggaet Pendanaan Tahap Awal dari East Ventures

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Ringkas, platform yang membantu proses kredit pemilikan rumah (KPR) secara digitalmeraih pendanaan tahap awal senilai US$3,5 juta dari investor yang dipimpin oleh East Ventures dan Crestone Venture Capital.

Investor lain juga turut mengikuti putaran pendanaan ini. Sebut saja 500 Global, Teja Ventures, Orvel Ventures, Hustle Fund, dan lainnya. Pendanaan ini akan membantu Ringkas memperluas jangkauan platformnya ke berbagai kota di Indonesia serta pasar sekunder.

Co Founder Ringkas, Ilya Kravtsov, menyataka,n setelah meraih pendanaan tahap awal, Ringkas akan dapat mendukung penyaluran KPR sekitar US$ 200 juta atau Rp 3 triliun dalam 6-12 bulan ke depan.

Pihaknya juga menargetkan peluncuran lebih dari 100 proyek di 34 kota di Indonesia. “Putaran pendanaan terbaru ini akan digunakan untuk mempercepat adopsi teknologi Ringkas di wilayah Indonesia yang belum dijangkau saat ini,” ujarnya, Rabu (31/5).

Ada empat co founder sepakat mengembangkan Ringkas setelah menemukan solusi dari masalah kepemilikan rumah di Indonesia. Rasio KPR terhadap produk domestik bruto (PDB) masih sangat rendah. Hanya sekitar 3,25%.

Jauh lebih rendah daripada India yang telah mencapai 11% dari PDB atau Amerika Serikat yang sudah lebih dari 50%. Selain itu, Indonesia menghadapi tantangan backlog perumahan dengan jumlah 12,75 juta unit, yang terus meningkat setiap tahunnya.

Ringkas menjembatani kesenjangan antara jutaan pencari rumah, 12.000 pengembang properti, dan 1.200 bank serta lembaga keuangan lain dengan mempermudah dan mempercepat pengajuan KPR. Ringkas memiliki visi untuk membantu 100 juta orang Indonesia memiliki rumah dengan KPR. 

Ringkas hadir untuk merevolusi proses pembelian rumah di Indonesia dengan memberikan solusi komprehensif yang menyederhanakan seluruh proses KPR. Tidak seperti KPR konvensional yang melibatkan prakualifikasi yang terfragmentasi, proses pengajuan manual yang panjang, dan kurang transparan,

Ringkas menawarkan pendekatan yang lebih mudah dan sederhana. Proses prakualifikasi real-time dan platform digital Ringkas dirancang ramah pengguna.

Sehingga konsumen bisa dengan mudah mengajukan KPR ke beberapa bank secara bersamaan dengan tetap memastikan transparansi dan berbagai pilihan yang dapat diandalkan.

Baca juga: East Ventures Pimpin Kucuran Pendanaan ke Prep

Salah satu fokus utama Ringkas dalam proses KPR digital ini adalah perlindungan data konsumen. Ringkas memiliki jejak audit data yang lengkap dan sangat membatasi akses data pengguna platform sesuai dengan hak dan kepentingannya. 

“Kami menyambut Ringkas ke dalam keluarga East Ventures, dan kami berharap untuk dapat terus merasakan lebih banyak keseruan dan dampak positif yang dihadirkan oleh tim Ringkas ke depannya,” ungkap Avina Sugiarto, Partner East Ventures.

Sejak awal 2023, Ringkas telah tercatat sebagai operator inovasi keuangan digital yang diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK). RIngkas telah memperoleh sertifikasi ISO27001 terkait privasi dan keamanan data pelanggan.

Hingga saat ini, Ringkas telah memperoleh suplai rumah sekitar US$ 2 miliar atau sekitar Rp 30 triliun dengan menjalin kemitraan bersama pengembang properti besar. 

Ringkas juga telah bermitra dengan banyak bank terkemuka di Indonesia. Seperti, BCA, Bank Mandiri, BSI, BRI, Bank CIMB Niaga, Bank Permata, Bank Danamon, Bank Maybank Indonesia, OCBC NISP, UOB Indonesia, Bank Panin, Bank CCB Indonesia, dan masih banyak lainnya.

Co-Founding Partner Crestone Venture Capital, Inanc Balci, mengatakan sebagai perusahaan modal ventura khusus yang fokus pada fintech di negara berkembang, mereka berkomitmen untuk mendukung Ringkas.

“Kami sangat mendukung Ringkas dalam mencapai misinya untuk membuat proses kepemilikan rumah lebih cepat, lebih mudah, dan lebih terjangkau bagi semua orang Indonesia,” jelasnya. (alo)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER