Sabtu, 27 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Harga Saham PGEO All Time High Usai RUPST Bagikan Dividen dan Ganti Direktur Utama

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Harga saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) menyentuh rekor tertinggi sejak initial public offering (IPO) pada Selasa (6/5). Kenaikan itu usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022 yang memutuskan pembagian dividen dan pergantian direksi awal pekan ini.

Pada perdagangan Selasa 5 Juni 2023, saham PGE ditutup di harga Rp 925 per saham. Ini menjadi rekor tertinggi atau all time high sejak listing perdana pada 24 Februari 2023.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta Utama menilai sentimen jangka pendek terhadap pergerakan saham PGEO lebih dipicu pembagian dividen tersebut.

Kendati aksi profit taking akan terjadi, namun saham PGEO dianggap menarik untuk jangka panjang.

Baca juga: RUPS Pertamina Geothermal Energy Setujui Pembagian Dividen dan Pergantian Direksi

“Kinerja PGEO sejauh ini memang profitable dan jika melihat kenaikan harga saham biasanya investor mengakumulasi saham sebelum RUPST dengan melihat adanya pembagian dividen,” ujar Nafan di Jakarta, Selasa (6/6).

Berdasarkan prospektus IPO PGE, perseroan akan memberikan dividen maksimal 50% dari laba bersih. Kebijakan ini berlaku untuk laba 2023 dan seterusnya.

Sementara itu, dalam RUPST awal pekan ini, pemegang saham menyetujui pembayaran dividen sebesar US$ 100 juta atau 78% dari laba bersih 2022.

Agenda lain yg RUPST terkait pergantian Direktur Utama dan Direktur Operasi juga dianggap mampu mendukung ekspansi ke depan.

Julfi Hadi yang didapuk sebagai Direktur Utama baru PGE menggantikan Ahmad Yuniarto sebelumnya menjabat sebagai Presiden Direktur PT Medco Cahaya Geothermal, anak usaha PT Medco Power Indonesia. Rapat juga menunjuk Direktur Operasi baru, yaitu Ahmad Yani.

Strategi jangka panjang dan penganggaran belanja modal juga dianggap esensial yang diperhatikan oleh investor. Terlebih, menurut Nafan, PGE memiliki potensi besar mengingat Indonesia sebagai salah satu negara dengan kekayaan geothermal terbesar di Asia Tenggara. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER